Panwaslu OKI: Pers Harus Perangi Berita Hoax

Ketua Panwaslu OKI, M Fahrudin SH. (foto-maniso/koransn.com)

Kayuagung, KoranSN

Sejumlah pihak terutama penyelenggara Pilkada serentak mendatang sangat mengkhawatirkan potensi bermunculannya berita bohong atau hoax. Meminimalisir potensi tersebut, insan pers harus memeranginya.

Ketua Panwaslu OKI, M Fahrudin SH mengatakan, melalui insan pers yang bertugas di Kabupaten OKI Panwaslu memperkenalkan tugas dan kewajiban mereka dalam Pilkada.

“Kami pun mengajak insan pers untuk menyukseskan Pilkada,” kata Fahrudin.

Dijelaskannya, pers mempunyai peran penting untuk memberikan informasi ke publik yang isinya mendidik. Sehingga informasi itu menjadi acuan masyarakat dalam menghadapi Pilkada.

“Panwaslu sangat berharap pers memerangi berita hoax,” pintanya.

Himbaun itu disebabkan Pilkada tentu akan diwarnai berita bohong di Medsos. Sehingga Panwaslu mengajak pers untuk mewujudkan perdamaian dan ketertiban agar Pilkada berjalan demokratis, adil, jujur sehingga rakyat bisa berpartisipasi.

Sementara Ketua Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Panwaslu OKI, Ihsan Hamidi SAg MPd didampingi Hadi Irawan SAgI selaku Ketua Divisi SDM dan Organisasi menyebutkan, tugas pihaknya sangat krusial terutama pada Pilkada.

Kata mereka, potensi kerawanan pada Pilkada di OKI memang masih kecil dibandingkan Palembang dan Empat Lawang. Apalagi untuk memberikan hak suara, warga bisa menggunakan E-KTP atau surat keterangan dari pemerintah.

Baca Juga :   Hj Lily Martiani Maddari Bantu Korban Banjir di Musi Rawas

“Walaupun DP4 belum final di Disdukcapil OKI, kami yakin akan banyak warga mendatangi TPS menggunakan E-KTP atau surat keterangan. Jadi, kerawanan ini sangat tinggi,” ujarnya. (iso)



Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Kemenkumham Sumsel Verifikasi Kepuasan Pelayanan di Lapas Lubuklinggau

Lubuklinggau, KoranSN Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera …

error: Content is protected !!