Pasien Hemodialisis Perlu Waspadai Kelebihan Cairan Tubuh

Dokter spesialis penyakit dalam memeriksa kondisi kesehatan seorang pasien gagal ginjal di klinik hemodialisa di RSUD dr Iskak, Tulungagung, Jawa Timur, Kamis (17/3/2022). (Foto-Antara)

Jakarta, KoranSN

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Ginjal Dan Hipertensi di Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI), dr. Adi Wijaya, Sp.PD-KGH mengingatkan pasien hemodialisis mewaspadai terjadinya kelebihan cairan yang bisa berdampak pada kondisi tubuh.

Dampak yang bisa dirasakan pasien saat kelebihan cairan yakni bengkak di seluruh tubuh termasuk pada paru-paru yang bisa menimbulkan sesak pada pasien.

Baca Juga :   BPJS Kesehatan: Komitmen Pemerintah Lindungi Penduduk Jadi Kunci UHC

“Yang paling bermasalah pada pasien hemodialisa (HD) pada 1 sampai 6 bulan pertama yaitu kelebihan cairan, dimana pasien akan merasa lebih haus dan minum lebih banyak sehingga pasien dapat mengalami kelebihan cairan,” kata Adi melalui siaran pers RSUI, dikutip Jumat (18/3/2022).

Menurut Adi, kelebihan cairan dapat diatasi dengan membatasi asupan cairan, asupan garam, dan frekuensi hemodialisis yang lebih sering. HALAMAN SELANJUTNYA>>



Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Dinkes Tasikmalaya Terus Pantau Kesehatan Penyelenggara Pemilu

Tasikmalaya, KoranSN Tim Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, terus memantau kondisi kesehatan para penyelenggara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!