Pasien Positif Covid-19 di Banyuasin Dievakuasi Dengan Speedboat







Petugas Puskesmas Srikaton Kecamatan Air Saleh Banyuasin saat mengevakuasi dua warga positif Covid-19 untuk dirawat di rumah sakit. (foto-ist/stafsus media pemkab banyuasin)

Pangkalan Balai, KoranSN

Dengan menggunakan speedboat, petugas kesehatan dari Puskesmas Srikaton Kecamatan Air Saleh Kabupaten Banyuasin, Selasa (5/5/2020) mengevakuasi dua dari tiga warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 untuk dirawat di RS Islam Siti Khodijah Palembang.

Selain kedua warga tersebut, di Banyuasin juga terdapat satu warga yang juga terpapar virus corona. Dengan demikian, positif Covid-19 di Banyuasin kini bertambah tiga orang.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan dan Pencegahan Covid-19 Kabupaten Banyuasin, Aminuddin mengatakan, bahwa kini terdapat penambahan kasus konfirmasi positif sebanyak tiga orang.

Ketiga orang tersebut, yaitu berinisial R perempuan umur 44 tahun, inisial P perempuan umur 32 tahun. Keduanya warga di Kecamatan Air Saleh. Kemudian warga inisial S laki-laki umur 38 tahun, warga di Kecamatan Muara Telang.

“Berdasarkan hasil swab test, ketiga orang ini terkonfirmasi positif Covid-19. Dan Kontak erat dengan kasus positif Almarhumah RW. Tiga pasien positif ini akan dirawat di RS Siti Khodijah sebanyak dua orang, dan dirawat di RS Hermina Jakabaring satu orang,” ujar Aminuddin yang juga menjabat Kepala Dinas Kominfo Banyuasin ini.

Baca Juga :   Tunaikan Janji Politik, Bupati dan Wabup Banyuasin Resmikan Jalan PEN Muara Padang

“Mari kita patuhi himbauan pemerintah untuk tetap dirumah, selalu jaga jarak, memakai masker, cuci tangan, selalu berperilaku hidup bersih dan sehat,” himbaunya.

Aminuddin menambahkan, agar seluruh masyarakat Banyuasin untuk semakin meningkatkan kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19 ini, supaya penularan bisa dihambat dan distop.

“Mari terus kita bersama-sama menangani pandemi ini dengan bergotong royong, bersatu padu. Karena hanya dengan cara kebersamaan ini kita akan dapat mengatasinya dan tidak lupa untuk selalu berdoa kepada Allah SWT agar pandemi Covid-19 ini segera berakhir,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Banyuasin H Askolani menjelaskan, jika semua biaya pengobatan pasien covid ditanggung Pemkab Banyuasin. Termasuk, masyarakat yang menjalani karantina juga disuport dengan bahan makanan dari Pemkab Banyuasin.

Bupati juga menegaskan, bahwa Pemkab Banyuasin memberikan insentif tambahan bagi para medis yang bertugas merawat pasien Covid-19. Insentif ini sudah disiapkan sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan.

“Artinya, mereka yang betugas dengan resiko yang berat ini, kita bantu dengan penambahan insentif, dan dukungan moral lainnya, “katanya.

Baca Juga :   Camat Suak Tapeh Lantik Pj Kades Sedang

Tidak hanya itu, para medis yang menangani pasien covid juga disediakan ruang khusus di Mess Pemkab Banyuasin sebagai tempat istirahat. Hal ini dilakukan, karena mereka tidak diperbolehkan pulang ke rumah terlebih dahulu sebagai bentuk pencegahan penyebaran virus Covid-19.

“Karena kita belum punya hotel, maka petugas medis ini kita siapkan tempat di mess Pemkab Banyuasin, dan semua kebutuhan mereka ditanggung Pemkab Banyuasin. Saat ini sudah 12 tenaga medis yang tinggal di Mess Pemkab Banyuasin, “tegasnya.

Dalam kesempatan ini, Bupati H Askolani kembali menghimbau masyarakat Banyuasin untuk selalu mengikuti himbauan pemerintah, pakai masker, selalu cuci tangan dan menghindari keramaian.

“Yang dirantau minta tolong jangan mudik dulu ke Banyuasin, dan yang di Banyuasin jangan dulu mau pergi ke luar Banyuasin. Jangan sampai kasus covid ini terus meluas,” harapnya.

Askolani menambahkan, bahwa hampir semua desa kini sudah membentuk posko pemantau di pintu masuk desa masing-masing guna mencegah penyebaran virus Covid-19 tersebut.

“Setiap yang masuk desa harus di kontrol, jika suhu badan tinggi atau tidak jelas maksud dan tujuannya, ya mendingan suruh putar balik saja, ini sebagai bentuk antisipasi, “tandasnya. (sir)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Pj Bupati Banyuasin Hadiri Peluncuran Kolaborasi Pemanfaatan Sistem Data Regsosek

Pangkalan Balai, KoranSN Penjabat Bupati Banyuasin, H. Hani Syopiar Rustam, SH menghadiri Peluncuran Kolaborasi Pemanfaatan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!