PDIP Buka Pendaftaran Cagub/Cawagub Setelah Lebaran





HM Giri Ramanda N Kiemas. (foto-dok/anton/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan baru akan membuka pendaftaran/penjaringan calon gubernur (Cagub) dan calon wakil gubernur (Cawagub) Sumsel periode 2018-2023 usai Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1438 ini.

Hal ini diungkapkan Ketua DPD PDI Perjuangan Sumsel HM Giri Ramanda N Kiemas, kemarin. “Kita akan buka penjaringan sekitar tanggal 4 Juli,” katanya.

Ia pun mengajak dan memberikan kesempatan kepada semua tokoh politik dan tokoh masyarakat untuk mengambil formulir di PDI Perjuangan.

“Untuk tingkat Provinsi ini murni 100 persen kewenangan pusat, berbeda dengan kabupaten/kota, dimana Provinsi punya kewengan 30 persen dan 70 persen di pusat. Namun, intinya keputusan tetap ada di DPP, 30 persen kewenangan DPD (Sumsel) itu dalam bentuk usulan, tiga calon bupati dan tiga calon wakil bupati,” terang Giri.

Baca Juga :   Dishub Buka Jalur Depan Museum SMB II, Belasan Bentor Dikandangkan

Ia mengungkapkan, untuk dapat diusung PDI Perjuangan, bakal calon harus mengikuti beberapa tahapan, termasuk dilihat dari hasil survei yang digelar oleh PDI Perjuangan.

“Mulai dari pendaftaran, fit and proper tes dan sekolah calon kepala daerah bagi mereka yang akan direkomendasikan termasuk komitmen membesarkan partai jika terpilih. Memang tahapannya cukup panjang, dan sebelum diputuskan oleh pusat maka akan ada survei terlebih dahulu,” terangnya.

Saat disinggung mengenai pencalonannya, Giri mengaku sejauh ini timnya masih bersosialisasi, semuanya akan diputuskan berdasarkan hasil survei.

Baca Juga :   Wagub Mawardi Sumbang Tiga Sapi Kurban Untuk Warga

“Namun, semuanya juga masih menunggu keputusan DPP, karena sebagai ketua DPRD, saya masih menunggu keputusan DPP PDIP, boleh maju atau tidak. Kalu nanti boleh maju kita pikirkan lagi, tapi kalau nanti tidak boleh (maju), ya tetap jadi ketua DPRD,” ungkapnya. (awj)

Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

IKATASTI Peduli Beri Bantuan ke Pesantren Kiai Marogan

Palembang, KoranSN Ikatan Keluarga Tanjung Sakti (IKATASTI) memberikan bantuan kepada anak-anak Pesantren Kiai Marogan di …