Pedestrian Sudirman, Malioboronya Kota Palembang

Walikota Palembang Hranojoyo disambut beberapa keragaman musik khas kebudayaan saat sampai di Pedestrian Sudirman. (Foto-Humas Pemkot)

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Palembang resmi melakukan soft launching lokasi wisata baru di Kota Palembang, yakni Pedestrian Sudirman. Dimana wisata baru ini, dinilai sebagai Malioboronya Kota Palembang. Demikian diketahui dari beberapa warga yang sempat hadir di Soft Launching Pedestrian Sudirman, Rabu lalu (22/3/2017).

Salah satu warga Plaju, Angga (25), mengatakan bahwa dirinya sengaja datang saat soft launching dikarenakan ingin hunting atau mengabadikan foto di lokasi wisata baru ini. Menurutnya, wisata baru yakni Pedestrian Sudirman ini tak kalah menariknya dengan Malioboro di Jogja.

“Kalau di Jogja ada Jalan Malioboro, nah di Palembang sekarang ada Jalan Jenderal Sudirman. Pokoknya asyik seperti di Jogja,” ujarnya.

Hal senada diungkapkan, Adi Pratama (26), salah satu pengunjung yang hadir. Menurutnya, Pedestrian Sudirman ini hampir sama dengan wisata Malioboro di Jogja. Meskipun begitu, ide dibuatnya wisata baru ini sangat baik sehingga di lokasi tersebut ramai. “Tambah keren pokoknya Kota Palembang,”

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang, Isnaini Madani mengatakan, pihaknya sengaja mengangkat konsep Pedestrian wisata dalam soft launching ini. Tujuannya untuk menghidupkan kembali kawasan tersebut terutama di malam hari. “Sesuai tema kita yakni pedestrian wisata Sudirman, jadi kita tonjolkan itu wisatanya, baik itu dengan pertunjukan yang ditampilkan oleh para seniman Palembang yang sengaja kita undang, maupun wisata kulinernya,” katanya.

Baca Juga :   Pemasangan REL LRT Palembang Dimulai, Tahun Ini Selesai (FOTO)

Menurut Isnaini, kedepan pedestrian wisata ini akan terus di gelar di malam Sabtu dan Minggu. Tak hanya itu, untuk menambah kemeriahan kawasan ini nanti, para pengamen yang ada di bus-bus kota juga akan diundang untuk menghibur warga yang berkunjung di sana.

“Dijadwalkan setiap malam Sabtu dan Minggu. Dinas Pariwisata juga ingin merangkul pengamen bus kota sebab 2018 kan bus kota itu sudah tidak ada lagi, jadi untuk mencari penghasilan mereka silahkan mengamen di sini. Tapi, dengan catatan penampilannya harus sesuai dengan konsep pariwisata. Harus memiliki efek waw, unik dan khas, baru bisa dibilang pariwisata. Sebab yang nonton disini bukan hanya wisatawan lokal, mancanegara juga ada,” terangnya.

Ditempat yang sama, Walikota Palembang, H Harnojoyo usai soft launching mengatakan hadirnya konsep pedestrian wisata di Jalan Sudirman ini sungguh sangat dinantikan masyarakat. Sebab, Palembang membutuhkan hiburan yang baru demi mengimbangi rutinitas di siang hari.

Baca Juga :   Pencetakan 20 Ribu e-KTP di 16 Kecamatan Ditargetkan Selesai 10 Hari

“Kalau ada hiburan atau tempat rekreasi seperti ini di malam hari tentu sangat membantu kita dalam mengimbangi kepenatan rutinitas yang dilakukan disiang harinya. Untuk itu, mari kita nikmati dan meriahkan ini sebagai rezeki,” ujarnya.

Selain itu, Harno juga menghimbau agar warga Palembang tetap menjaga keamanan dan ketertiban yang ada di kawasan tersebut. “Tidak lupa kita jaga ketertiban serta keamanan yang ada disini, agar apa yang kita cita-citakan untuk menginginkan pedestrian ini sebagai tempat wisata baru yang dimiliki Palembang bisa terwujud,” tandasnya.

Seperti diketahui, dalam soft launching tersebut, nampak ribuan warga sangat antusias mendatangi wisata baru ini atau Pedestrian Sudirman untuk menikmati keindahan dan hiburan yang ditampilkan beberapa seniman Palembang. Selain itu, nampak beberapa komunitas pun berkumpul di Pedestrian Sudirman ini. (tya)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

IPSI Palembang Gelar Kejurkot 12-14 Februari

Palembang, KoranSN Guna memajukan cabang olahraga Pencak Silat di Kota Palembang, Pengurus Cabang (PC) Ikatan …