Pelayanan Kesehatan Dominasi Keluhan di Sumsel

Deputi Pelayanan Publik Kemenpan, RB, Prof dr dIAH Natalisa saat memberikan cindramata kepada Gubernur Sumsel,H Alex Noerdin. FOTO-AWI/KORANSN.

Palembang,koranSN
Berdasarkan pengaduan yang masuk secara online ke Kementrian Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi RI (KemenPAN-RB) di bidang pelayanan. keluhan paling mendominasi di Sumsel yakni pelayanan kesehatan seperti BPJS. Demikian diungkapkan Deputi Pelayanan Publik Kemenpan-RB, Prof DR Diah Natalisa saat berkunjung ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel, Senin (20/3/2017).

“Ya, mungkin ini disebabkan kurangnya sosialisasi BPJS terhadap masyarakat sehingga menjadi sebuah keluhan masyarakat di Sumsel,” katanya.Dirinya menilai, pelayanan di Sumsel sendiri secara umum sudah baik. Namun, pihaknya tetap berupaya untuk membantu Sumsel agar dapat meningkatkan kembali pelayanan terhadap publik. Mengingat saat ini pelayanan terhadap publik sudah muncul tetapi belum banyak meskipun sudah intens.

“Semisalnya, itu  pelayanan seperti Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) yang sudah bagus, kemudian pelayanan Rumah Sakit (RS),” ujarnya.Dirinya menyarankan inovasi yang sudah ada ini diterapkan secara kompetisi pelayanan publik bersifat internal. Hasilnya nanti akan diikutsertakan untuk mengikuti kompetisi inovasi pelayanan publik tingkat nasional (KemenPAN-RB). Tidak hanya itu, pihaknya pun menyampaikan saran bagaimana inovasi di daerah lain, mana yang baik dan inovatif agar bisa diterapkan di Sumsel.

Baca Juga :   KUA Prabujaya Miliki Rumah Tahfiz

“Kalau untuk pengaduan melalui online pun masih minim. Ini juga yang perlu di dorong,” ujarnya.
Diterangkannya, suatu pelayanan itu yang dinilai baik harus sesuai dengan Undang-Undang (UU) Nomor 24 tahun 2009 tentang pelayanan publik. Pelayanan ini harus memenuhi standar pelayanan, maklumat pelayanan, sistem pengaduan, inovasi dan infrastruktur.

“Tentunya prosedur harus sesuai dengan SOP yang ada. Kami juga selalu melakukan monitoring pelayanan dasar di PTSP, RSUD, Puskesmas, Polri dan Polresta,” tandas kakak Tito Karnavian ini.Sementara itu, Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin menyambut baik dan senang untuk bersaing dalam kompetisi pelayanan publik tersebut. Bahkan, Alex menyarankan kepada instansi yang terkait untuk masuk dalam pelayanan publik yang terbaik. Dirinya berharap kedepan Sumsel dapat masuk ke dalam pelayanan publik terbaik.”Kami sudah melakukan pelayanan yang baik yang diinginkan masyarakat dengan akses seluas-luasnya. Diantaranya ada tiga pelayanan seperti sekolah gratis, berobat gratis dan lapangan kerja,” tutupnya. (wik)

Baca Juga :   Aparat Penegak Hukum di Lubuklinggau Gelar Sinkronisasi Criminal Justice System
Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Alwin

Avatar

Lihat Juga

HD Wujudkan Impian Petambak Udang Sungai Menang dengan Program Listrik Masuk Tambak

OKI, KoranSN Setelah sebelumnya melaunching listrik masuk sawah, Gubernur Sumsel H Herman Deru kembali meluncurkan …