Pelayanan Satu Loket Cegah KKN dan Pungli

Loket pelayanan yang ada di BKP-SDM Muratara. (foto-sunardi/koransn.com)

Muratara, KoranSN

Badan Kepegawaian-Sumber Daya Manusia (BKP-SDM) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) menciptakan pelayanan satu loket, hal itu dilakukan guna mencegah terjadinya KKN dan punggutan liar (Pungli) dalam lingkungannya.

“Ilmu yang didapatkan saat mengikuti pelatihan beberapa pekan lalu, salah satunya kegiatan proyek perubahan adalah transparansi pelayanan administrasi kepegawaian melalui pemanfaatan teknologi informasi,” kata Kepala BKP-SDM Muratara Sudartoni, kemarin.

Ia menjelaskan, peningkatan pelayanan itu sesuai dengan presedur dan SOP bahkan peraturan persyaratan yang ada. Untuk mendukung tidak terjadinya KKN dan tidak pungli tersebut maka akan diadakan pelatihan, pembinaan dan sosialisasi kepegawaian tentang pelayanan satu loket.

“Sehingga kita mengajak mereka (pegawai) belajar kepada kabupaten dan kota yang sudah melaksanakan pelayanan satu loket, dan harus diterapkan,” ungkapnya.

Ia menuturkan, untuk penerapan pelayanan satu loket sangat dibutuhkan sarana dan prasarana. Saat ini, pihaknya baru memiliki meja loket, sedangkan spanduk-spanduknya sedang dicetak termasuk persyaratan-persyaratannya masih dibuat.

“Pelayanan satu loket ini didukung Bupati Muratara M Syarif Hidayat, Sekda Muratara Abdullah Matcik maupun pegawainya. Jadi pelayanan tidak lagi harus menemui Kabid, Kasubid tapi cukup loker dan hasilnya dari loket juga. Jadi, kami bersama-sama bertekad untuk menciptakan pelayanan seperti itu,” ungkapnya.

Baca Juga :   Paguyuban Wong Lugu Dukung Polri Ciptakan Suasana Kondusif

Sementara Camat Rupit, Nafrizal mengatakan pihaknya telah berusaha meningkatkan pelayanan dengan cara satu pintu yakni loket. Sehingga mempermudah dalam memberikan pelayanan dan tidak ada pungli.

“Kita telah menerapkan pelayanan satu loket. Kami lihat hasilnya sudah memuaskan,setidaknya bisa mencegah terjadinya pungli,” pungkasnya. (snd)



Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Dandim 0404 Kunker ke PALI Disambut Wabup Soemarjono

PALI, KoranSN Bupati PALI, Dr. Ir. H. Heri Amalindo, MM melalui Wakil Bupati PALI, Drs. …

error: Content is protected !!