Pembakar Hutan dan Lahan Terancam 12 Tahun Penjara





Dandim 0430/Banyuasin foto bersama usai rapat koordinasi. (foto-ist)

Banyuasin, KoranSN

Menghadapi musim kemarau yang akan segera berlangsung, Dandim 0430/Banyuasin bersama Plt BPBD Kesbangpol Banyuasin, Kepala Kadagops Manggala Agni Banyuasin beserta staf Manggala Agni menggelar rapat koordinasi (Rakor), bertempat di Posko Karhutlah Kodim 0430/Banyuasin, Senin (24/6/2019).

Dalam kesempatan itu, ia mengingatkan masyarakat untuk tidak membuka lahan, hutan maupun kebun dengan cara dibakar, karena melanggar pasal 108 UU nomor 39 tahun 2014 tentang Perkebunan.

“Para pelaku pembakaran hutan kebun dan lahan akan dikenakan pasal 108 UU Nomor 39 tahun 2014 tentang Perkebunan, dengan ancaman hukuman penjara 12 tahun dan denda Rp 10 miliar,” tegas Dandim.

Baca Juga :   Diguyur Hujan Deras, Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tetap Berlangsung

Ia mengatakan, Rakor ini untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan serta kebun, khususnya saat musim kemarau nanti.

“Dan juga guna mencegah rusaknya ekosistem alam, musnahnya flora dan fauna, polusi udara dan terhambatnya jalur tranportasi baik darat, laut dan udara sehingga berdampak terganggunya jalur perekonomian,” ucap Dandim.

Dandim juga bertekad untuk mempertahankan penghargaan yang diberikan Panglima TNI kepada Danrem 044/Gapo Kolonel Arh Sonny Septiono sebagai salah satu Korem yang berhasil mencegah Karhutbunla.

“Diantaranya dengan cara memerintahkan seluruh Babinsa jajaran Kodim 0430/Banyuasin untuk memberikan sosialisasi dan pengertian kepada warga masyarakat akan dampak dan bahaya yang ditimbulkan dari membuka lahan dengan cara membakar,” kata dia.

Baca Juga :   Optimis Capai Target Sumsel Lumbung Pangan Nasional

Kemudian melaksanakan pemetaan wilayah yang rawan Karhutbunla, mendirikan Posko Karhubunla, membentuk masyarakat peduli api dan menghimbau kepada perusahaan-perusahaan yang rawan terhadap Karhutbunla untuk meningkatkan kewaspadaan dan menyiapkan sarana prasarana guna menghadapi bahaya Karhutbunlah di wilayahnya.

“Aksi karhutbunla ini diharapkan jangan hanya aksi Ramai di medsos atau whatsApp saja, tetapi yang diutamakan aksi dilapangan,” harap Dandim. (sir)

Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Rakor PKK Upaya Pemantapan Manajemen Perencanaan Program dan Penganggaran 10 Program Pokok PKK

Banyuasin, KoranSN Rapat Koordinasi (Rakor) Manajemen Perencanaan Program dan Penganggaran untuk 10 Program Pokok PKK …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.