Pembanguan Pasar Cinde Tunggu Hasil Kajian Tim Cagar Budaya



Kondisi gedung Pasar Cinde menjelang pembongkaran beberapa waktu yang lalu. (foto-ferdinand/dok/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Asisten I Bidang Pemerintahan Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang, Sulaiman Amin, Minggu (15/10/2017) mengatakan, guna melanjutkan pembangunan Pasar Cinde sementara ini pihaknya masih menunggu hasil kajian dari Tim Cagar Budaya.

Menurutnya, dengan beredarnya isu di kalangan pedagang bahwa pembangunan Pasar Cinde tidak akan dilakukan. Untuk itu, dirinya menegaskan bahwa pembangunan pasar tersebut tetap akan dilakukan.

Namun di sisi lain, pembangunannya masih menunggu hasil pengkajian dari tim para ahli cagar budaya. Dimana pembangunan tersebut harus memperhatikan nilai cagar budaya dari Pasar Cinde ini.

“Pembangunan Pasar Cinde tetap akan dilakukan dengan segera. Namun sekarang kita masih menunggu kajian dari tim ahli,” ungkap Sulaiman Amin.

Dikatakannya, di dalam kajian itu nantinya, tetap memperhatikan bagian-bagian tertentu karena dinilai menjadi bagian dari cagar budaya. Jadi, ada sebagian bisa dilakukan perubahan dalam kata lain dilakukan renovasi. Misalnya, bangunan cagar budaya tampak pada bagian depan bangunan. Namun, bagian belakang bisa dirubah. Dimana, ini semata program bersam untuk mempercantik Kota Palembang.

Baca Juga :   BMN Unsri Optimalkan Penyajian Data Inventarisasi dengan Aplikasi SITARI

Ia melanjutkan, selain itu, mengingat kehendak dari para pedagang yang menginginkan pasar representatif lantaran para pedagang merasa tidak nyaman dengan keadaan yang ada sekarang.

“Apabila pembangunan tersebut lambat, kemungkinan akan mengakibatkan perekonomian pedagang menjadi turun. Pedagang merasa tidak nyaman di tempat relokasi sekarang ini. Namun, kita masih menunggu hasil kajian gabungan dari tim ahli cagar budaya, apabila kajian dari mereka telah selesai baru bisa dilakukan,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaaan Kota Palembang, Sudirman Teguh menuturkan, tim kajian cagar budaya ini terdiri dari berbagai daerah seperti; Makassar, Yogyakarta, Jakarta, Palembang dan Jambi. Hasil dari tim ini, nantinya FGD yang akan ditandatangani bersama.

Baca Juga :   Total Anggaran Rp 1,2 Triliun, Pembangunan IPAL di Sei Selayur Dimulai

Menurutnya, apabila hasil dari tim tersebut telah dikeluarkan, pembangunan Pasar Cinde akan segera dilakukan, mengingat sebagian besar bangunan pasar tersebut telah rusak dan dibongkar.

“Dalam kajian Tim Cagar Budaya ini, diatur dalam 2 Undang-Undang (UU), seperti; UU Cagar Budaya dan UU Struktur Bangunan. Jadi, perlu rehabilitasi serta bangunan yang bernilai cagar budayanya akan dipertahankan. Kemungkinan dalam bulan Oktober hasilnya bisa dikeluarkan dan pembangunan Pasar Cinde ini bisa dikerjakan,” tandasnya. (rgn)

Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Melalui Program P2L, Warga Bukit Lama Manfaatkan Pekarangan Rumah untuk Bercocok Tanam

Palembang, KoranSN Sejumlah warga di Kecamatan Bukti Lama, Kota Palembang memanfaatkan pekarangan rumah mereka untuk …