Pembangunan Jembatan Ponton Empat Lawang Telan Rp 70 Miliar



Bupati Empat Lawang H Joncik Muhammad.(foto-dok/koransn)

Empat Lawang, KoranSN

Pembangunan Jembatan Ponton penghubung Kecamatan Pasemah Air Keruh-Ulu Musi yang sebelumnya rusak akibat bencana banjir segera dibangun dengan menelan dana sebesar Rp 71 miliar. Namun dana tersebut tidak menyerap APBD, karena akan dibiayai semuanya oleh APBN. Demikian dikatakan Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad, kemarin.

Menurut bupati, terkait rusaknya Jembatan Ponton tersebut juga telah disampaikannya kepada Mentri PUPR RI.

“Lima hari yang lalu saya paparan dengan Menteri PUPR, saya sampaikan kondisi jembatan itu. Sekitar enam bulan saya menjabat bupati, bencana banjir datang dan menghanyutkan Jembatan Ponton,” kata Bupati H Joncik Muhammad.

Diungkapkannya, jika jembatan tersebut merupakan akses penting bagi warga Paiker makanya perlu perhatian serius untuk pembangunannya. Bahkan dalam paparannya kala itu, ia juga menyampaikan di hadapan mentri jika APBD Empat Lawang kurang memungkinkan membangun jembatan tersebut. Oleh karena itu, Menteri PUPR RI menyetujui pembangunannya full dari APBN.

Baca Juga :   Ketua DPRD Ingatakan Kades di PALI soal Penggunaan Dana Desa

“Saya sempat disinggung warga Paiker dan Ulu Musi, percuma Bupati lulusan UGM tapi tidak bisa bangun Jembatan Ponton. Jadi saya sampaikan juga kepada Pak Menteri yang kebetulan lulusan UGM,” jelasnya.

Sebelumnya, dalam rapat paripurna dalam rangka pembahasan Raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Empat Lawang tahun anggaran 2018 di Gedung DPRD Empat Lawang, Bupati Empat Lawang, H Joncik Muhammad juga sempat menyampaikan jika ia telah memaparkan di depan Menteri PUPR kondisi hanyutnya Jembatan Ponton.

Diketahui, Jembatan Ponton yang merupakan jembatan satu-satunya penghubung antara Kecamatan Ulumsi dan Kecamatan Paiker Kabupaten Empat Lawang, Sabtu lalu (27/4/2019) putus akibat meluapnya Sungai Musi. Hal ini terjadi karena hujan dengan intensitas tinggi yang terjadi sepanjang malam.

Baca Juga :   Lihat Kekerasan Terhadap Anak, Laporkan!

Ambruknya Jembatan Ponton yang terletak di Desa Padang Tepong Kecamatan Ulumusi ini, terjadi sekira pukul 07.00 WIB lantaran diterjang derasnya arus sungai. (foy)

Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Bed RS Lapangan Masih Kosong

PALI, koranSN Sebanyak 30 bed yang berada di Rumah Sakit (RS) Lapangan, RSUD Talang Ubi, …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.