Pemerintah Gelontorkan Rp1,15 M Operasi Darurat Banjir Sulsel

Banjir di Provinsi Sulawesi Selatan, Rabu, 23 Januari 2019. (foto-net/vivanews.com)

Jakarta, KoranSN

Wakil Presiden Jusuf Kalla menyempatkan berdiskusi dan menerima laporan dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Doni Monardo tentang kondisi terakhir dampak bencana banjir yang melanda Sulawesi Selatan.

Di dalam pesawat khusus Kepresidenan BAe RJ-85 dengan penerbangan menuju Makassar, Doni sempat memaparkan penyebab banjir yang merendam sejumlah wilayah.

“Berawal dari curah hujan ekstrem melanda wilayah Sulawesi Selatan yang menyebabkan peningkatan debit sungai dan Waduk Bili-Bili sehingga banjir dan longsor terjadi di daerah-daerah perbukitan,” kata Doni dalam paparannya kepada Jusuf Kalla seperti keterangan resmi Setwapres yang dikirim ke awak media, Minggu (27/1/2019).

Baca Juga :   Disiplin PNS Kunci Tanggulangi COVID-19

Dalam catatan BNPB, Doni menjelaskan, dalam dua terakhir ini curah hujan mulai berkurang yang menyebabkan debit air menurun.

Terakhir menurut catatannya yang diterima, tinggi muka air di Waduk Bili-Bili berada di posisi 99,43 meter. Sedangkan volume waduk sekitar 258.28 juta meter kubik berdasarkan rician masuk sekitar 144.99 meter kubik per detik serta keluar sekitar 145.00 meter kubik per detik.

“Pemerintah melalui BNPB memberikan bantuan dana siap pakai sebesar Rp1,15 miliar untuk operasi darurat penangan banjir dan longsor. Juga BPBD Provinsi Daerah Sulawesi Selatan, TNI, Polri, Basarnas, Tagana, SKPD dan relawan telah melakukan evakuasi dan memberikan bantuan logistik kepada korban yang selamat,” katan mantan Danjen Kopassus itu.

Baca Juga :   Putra Mantan KKB Din Minimi Lulus Seleksi Prajurit TNI AD

Data terakhir menunjukkan jumlah korban sudah mencapai 68 orang meninggal dunia dan sebanyak 6.767 korban sudah diungsikan.

Selain itu dilaporkan juga jumlah jembatan rusak sebanyak 24, sawah terendam 11.508 hektare dan kerusakan rumah sebanyak 4.787 unit. (viva.co.id)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

Gubernur Nyatakan Kalsel Status Tanggap Darurat

Banjarmasin, KoranSN Gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel), H Sahbirin Noor menyatakan peningkatan status Siaga Darurat menjadi …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.