Pemkab Aceh Besar Targetkan 87.677 Ekor Ternak Dapat Vaksin PMK









Ilustrasi – Tim dokter hewan Balai Veteriner Medan, Sumatera Utara bersama petugas Dinas Pertanian Aceh Besar, mengambil sampel darah dan SWAB terhadap ternak sapi yang terindikasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Desa Lubuk, Kecamatan Montasik, Kabupaten Aceh Besar, Aceh, Kamis (12/5/2022). (Foto/Antara)

Banda Aceh, KoranSN

Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Besar menargetkan sebanyak 87.677 ekor ternak sapi dan kerbau di daerahnya mendapatkan vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) supaya terhindar dari serangan wabah mematikan itu.

Baca Juga :   Satgas: Presentase BOR di Sejumlah Daerah Menurun

“Populasi sapi dan kerbau di Aceh Besar sekitar 87 ribu ekor maka kita mengusulkan vaksin PMK sekitar 90 ribu (dosis) dan itu baru sapi dan kerbau saja, belum domba dan lainnya,” kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Dinas Pertanian Aceh Firdaus di Aceh Besar, Selasa (23/6/2022).

Dinas Pertanian mencatat total populasi sapi di kabupaten setempat sebanyak 81.276 ekor dan kerbau sebanyak 6.401 ekor. Saat ini, kata dia, ternak yang sudah terinfeksi PMK sekitar 4.185 ekor dan sembuh sekitar 1.000 ekor.

Baca Juga :   Plus Minus Posisi Tidur Terlentang Hingga Tengkurap

Menurut Firdaus, vaksin PMK akan diberikan kepada ternak yang sehat, supaya terhindar dari infeksi wabah PMK. Sedangkan terhadap ternak yang terkena PMK, pihaknya akan terus memberi pengobatan. HALAMAN SELANJUTNYA>>





Publisher : Apriandi

Lihat Juga

58,9 Juta Warga Indonesia Disuntik Dosis Penguat di Hari Kemerdekaan

Jakarta, KoranSN Satuan Tugas (Satgas) COVID-19 melaporkan jumlah penduduk Indonesia yang telah menerima dosis ketiga …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.