Pemkab Kulon Progo Bangun Tempat Lelang Ikan Berbasis Wisata

Ilustrasi – Nelayan Kulon Progo mengikuti lomba produktivitas nelayan di TPI Pantai Congot.(Foto-Antara)

Kulon Progo, KoranSN

Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, membangun Tempat Pelelangan Ikan yang higienis, ekonomis, bersih, aman dan tertib (TPI HEBAT) dengan bangunan yang berciri khas budaya dan berbasis wisata.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulon Progo, Trenggono di Kulon Progo, Minggu, mengatakan program TPI HEBAT dimulai pada tahun ini di Pantai Congot, Jangkaran.

“TPI HEBAT mempunyai fungsi sebagai tempat pelelangan ikan, tempat pemasaran ikan, tempat pengolahan ikan, kuliner ikan, tempat ibadah, sarana olahraga dan tempat pertemuan nelayan dalam satu kawasan yang berupa bangunan jawa berbentuk joglo dan limasan serta berbasis wisata, karena mampu mendukung destinasi wisata dan diharapkan dapat meningkatkan jumlah wisatawan,” kata Trenggono.

Baca Juga :   Kawasan Danau Toba Akan Miliki Semacam Terusan Suez

Ia mengatakan TPI merupakan salah satu sarana pokok dalam kegiatan pasca penangkapan ikan di laut. Ikan hasil tangkapan dapat dijual dalam satu lokasi yang sama, dengan harga yang lebih kompetitif.

Kabupaten Kulon Progo sendiri sesuai dengan SK Bupati Kulon Progo Nomor 32 Tahun 2008 telah menetapkan empat lokasi TPI, yaitu TPI Congot, TPI Karangwuni, TPI Bugel, dan TPI Trisik. HALAMAN SELANJUTNYA>>





Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Tiga Destinasi Wisata Sejarah yang Bisa Dikunjungi di Dubai

Jakarta, KoranSN Gemerlap dan kemegahan Dubai, Uni Emirat Arab dengan gedung-gedung pencakar langit sudah tidak …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!