Pemkot Ternate Intensifkan Olahraga Wisata Jaring Wisatawan

(Foto-Antaranews)

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Ternate, Maluku Utara (Malut) mengintensifkan penyelenggaraan olahraga wisata dengan tujuan menjaring kunjungan wisatawan dari dalam maupun luar negeri ke daerah ini.

“Salah satu kegiatan olahraga wisata yang diharapkan dapat menarik kunjungan wisatawan di Ternate adalah triathlon, karena sangat sesuai dengan kondisi daerah ini,” kata Wali Kota Ternate Burhan Abdurrahman di Ternate, Rabu (8/5), dilansir dari Antara.

Pemkot Ternate bekerja sama dengan sejumlah pihak terkait sudah dua tahun menggelar lomba triathlon di Ternate dan banyak diminati peserta dari daerah di Indonesia, seperti dari Sulawesi dan Jawa.

Menurut Burhan, Pemkot Ternate sudah menjadikan penyelenggaraan lomba triathlon itu sebagai agenda tahunan dan diprogramkan dalam skala internasional, sehingga bisa pula menarik peminat dari luar negeri.

Baca Juga :   Pemkot Pariaman Akan Bangun Air Mancur di Talao Park

Dia berharap dengan telah terbentuknya kepengurusan Federasi Triathlon Indonesia (FTI) di Ternate akan semakin memaksimalkan penyelenggaraan lomba triathlon di daerah ini, apalagi FTI Ternate juga memiliki komitmen yang sama dengan Pemkot Ternate untuk menjadikan triathlon sebagai sarana menarik kunjungan wisatawan.

Selain triathlon, menurut Burhan, olahraga wisata lainnya yang juga potensial digelar di Ternate adalah lomba balap sepeda mengelilingi pulau Ternate sepanjang 45 Kilometer, yang dalam pelaksanaannya bisa dipadukan dengan kabupaten/kota lainnya di Malut, seperti kota Ternate dan Halmahera Utara.

Jalan lingkar pulau Ternate sangat menarik untuk dijadikan jalur lomba balap sepeda, karena melewati berbagai objek wisata menarik, seperti wisata batu angus, objek wisata pantai Tobololo dan pantai Sulamadaha serta objek wisata Danau Tolire.

Baca Juga :   Keindahan Panorama Impit Bukit

Selain juga melewati sejumlah objek wisata peninggalan sejarah seperti Benteng Kastela, Benteng Kalamata, Benteng Oranje, Benteng Toluko dan Kedaton Kesultanan Ternate, ujar Wali Kota.

Wisata alam berupa pendakian gunung Gamalama dengan tinggi 1.700 meter dari permukaan laut, juga menjadi salah satu potensi yang dapat menarik kunjungan wisatawan di Ternate, terutama bagi wisatawan yang menyukai tantangan mendaki gunung. (ags)

Iklan Polres Lahat

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

Karawang Belum Bebas Corona, Tempat Wisata Masih Ditutup

Karawang, KoranSN Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Karawang, Jawa Barat, menyatakan tempat wisata …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.