Pemprov Jambi Maksimalkan Peran Desa Tangguh Bencana



Bencana banjir yang terjadi di Jambi beberapa waktu lalu. (Foto-Antara)

Jambi, KoranSN

Pemerintah Provinsi Jambi memaksimalkan peran ratusan Desa Tangguh Bencana (Destana) di daerah setempat dalam upaya mitigasi dan tanggap bencana di daerah tersebut.

Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapan BPBD Provinsi Jambi Ismail di Jambi, Kamis (30/11/2023), mengatakan saat ini terdapat 162 Desa Tangguh Bencana yang tersebar di seluruh kabupaten kota di Provinsi Jambi.

“Ratusan desa tangguh bencana itu tersebar di seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Jambi yang bersumber dari dan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan dunia usaha,” kata dia.

Baca Juga :   Kodim 0318/Natuna Bangun Drainase dan Perbaiki Rumah Warga

Dalam melakukan mitigasi bencana yang terjadi di daerah, pihaknya berkelanjutan memperkuat kesiapsiagaan masyarakat di desa tangguh bencana. Masyarakat desa mendapatkan edukasi dan sosialisasi penanganan sehingga mempersiapkan diri jika sewaktu-waktu terjadi bencana.

Disamping edukasi mengenai kesiapan masyarakat desa dalam penanganan bencana, Pemprov Jambi juga memacu kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungannya.

Ismail menyebutkan jumlah Destana di daerah tersebut yang bersumber dari APBN yakni BNPB sebanyak 41 desa, APBD provinsi Jambi sebanyak 37 desa, APBN Kabupaten sebanyak 77 desa dan dunia usaha atau CSR sebanyak 7 desa.HALAMAN SELANJUTNYA>>

Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Peresmian Mushola PN Pangkalan Balai, Sekda Banyuasin Erwin Ibrahim Harapkan Dapat Tingkatkan Spiritual Penegak Hukum dan Masyarakat

Pangkalan Balai, KoranSN Penjabat Bupati Banyuasin H Hani Syopiar Rustam SH yang diwakili oleh Sekretaris …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!