Pemprov Sumsel Puji Smart City Banyuasin









Banyuasin, KoranSN

Keberhasilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin masuk 24 besar Smart City Nasional diakui Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. Gubernur Sumsel, H Alex Noerdin saat menyerahkan secara langsung Piagam Penghargaan Katagori Kabupaten/Kota Terbaik dengan penerapan konsep Smart City di Griya Agung.

Penyerahan dilakukan pada acara launching Program Sumsel Smart and Care (S2C), yang pesertanya 500 orang mahasiswa IT dari Perguruan Tinggi di Sumsel dan Relawan TIK Sumsel.

Kabupaten Banyuasin termasuk dalam 24 Kota/kabupaten yang terpilih di tahap pertama Gerakan Menuju 100 Smart City dari 514 kab/kota se-Indonesia.

Dalam upaya meneruskan Program Smart City, Pemkab terus melakukan berbagai pengembangan terhadap aplikasi diantaranya SAPA Banyuasin. Tahun 2017 Pemkab meluncurkan SAPA Banyuasin, dimana aplikasi ini sebagai sistem untuk seluruh pegawai dan masyarakat umum dapat berinteraksi seperti media sosial lainnya.

Baca Juga :   Pemkot Pagaralam Bangun Sinigitas Bersama Pers, LSM dan Ormas

“Seperti hal nya aplikasi Medsos, SAPA menjadi pilihan bagi masyarakat banyuasin dan pegawai untuk saling berinteraksi dan berbagi,” kata Plt Kadiskominfo Banyuasin, Erwin Ibrahim.

Ia mengharapkan pemerintah dapat berkomitmen bersama untuk berinovasi menciptakan pelayanan publik yg efisien, mudah, akuntabel dan transparan, serta dapat langsung dirasakan oleh masyarakat salah satunya pelaksanaan pilkades evoting.

“Dengan adanya konsep kabupaten cerdas ini mempermudah Pemkab Banyuasin menuju kabupaten cerdas (Smartcity) sampai 15 tahun kedepan,” harapnya.

Sementara program Sumsel Smart and Care (S2C) ini merupakan inovasi proyek perubahan sebagai langkah awal dalam rangka mewujudkan Sumsel sebagai Smart Province untuk mengantisipasi perkembangan teknologi dan informasi, yang sangat pesat serta tuntutan masyarakat yang tinggi. Sehingga pemerintah harus dapat menyiapkan layanan untuk internal maupun eksternal dengan sistem yang efektif, responsif, dan modern.

Baca Juga :   Coffee Morning, Bahas Isu Berpotensi Konflik

Dalam upaya mewujudkan Sumsel sebagai Smart Province yang terdepan, perlu mendapatkan dukungan dari Smart Society (masyarakat cerdas), sehingga dalam program S2C ini diadakan Lomba Aplikasi lnovatif Tahun 2017 dengan kategori Aplikasi Mendukung Asian Games 2018.

Program S2C ini merupakan langkah awal dalam pembangunan Sumsel Smart Province, bahkan ke depan program ini akan terus dikembangkan bersama dengan seluruh OPD di lingkungan Pemprov Sumsel dalam rangka menciptakan pelayanan publik yang inovatif modern dan memenuhi harapan semua lapisan masyarakat. (sir)











Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Pj Bupati OKI Sidak, 5 Persen ASN dan Non ASN Belum Masuk Kerja

Kayuagung, KoranSN Pj Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) Ir H Asmar Wijaya MSi dan Pj …

error: Content is protected !!