Penanganan Kanker Perlu Kolaborasi Komprehensif







Tangkapan layar – Dari atas kiri ke kanan bawah: Dokter Nurliana Adriati Noor dari Rumah Sakit Umum Daerah Abdul Wahab Sjahranie, Direktur Utama RSUP Prof. dr. R. D. Kandou Manado, Dr. dr. Jimmy Panelewen, Sp.B-KBD, Kepala Instalasi Kanker Terpadu RSUP Sanglah Denpasar, Dr. dr I Wayan Sudarsa, Sp.B(K)Onk, FINACS dan Ketua Tim Penanganan Kanker Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung, dr. R. Maman Abdurahman, Sp.B(K) Onk. dalam media briefing secara virtual terkait Pelatihan Pertama Telementoring ECHO untuk Tingkatkan Kapasitas Pelayanan Kanker di Indonesia, Kamis (2/12/2021). (Foto/Antara)

Jakarta, KoranSN

Baca Juga :   Hari Kucing Sedunia, ni Fakta Menarik Soal Kucing yang Perlu Kamu Tahu

Kanker sebagai salah satu penyakit tidak menular yang tercatat dialami 1,79 per 1.000 penduduk pada tahun 2018 menurut data Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS), dalam penangannya membutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak.

Hal ini diakui Presiden Direktur Rumah Sakit Kanker Dharmais, dr. R. Soeko Werdi Nindito D., MARS. Dia mengatakan, semua pihak perlu terlibat untuk menyelesaikan penyakit kanker yang menurut dia sangat rumit, tidak saja dari keilmuannya tetapi juga secara program.

Pemerintah dalam hal ini bisa melakukan kegiatan promotif dan preventif, deteksi dini atau skrining. Dalam kasus payudara misalnya, masyarakat diingatkan pentingnya melakukan periksa payudara sendiri (SADARI), SADANIS atau periksa payudara oleh tenaga medis). Sementara pihak rumah sakit menyediakan pemeriksaan lanjutan seperti USG dan mamografi. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Baca Juga :   Riki Wiryawan: Antara Bank, Musisi dan Kuliner





Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Grab Ventures Velocity X Sembrani Wira Umumkan 5 Startup Terpilih

Jakarta, KoranSN Setelah membuka pendaftaran pada Juni 2022 lalu, Grab dan BRI Ventures akhirnya mengumumkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.