Pengacara dan Keluarga Jamin Ratna Sarumpaet Tak Melarikan Diri







Ratna Sarumpaet. (foto-net/detiknews.com)

Jakarta, KoranSN

Pengacara Ratna Sarumpaet, Insank Nasrudin, mengajukan permohonan tahanan kota untuk kliennya. Insank bersama pihak keluarga menjadi jaminan terkait permohonan tahanan kota tersebut.

“Kemudian diajukannya penahanan tersebut itu pun dasarnya dari syarat subjektif penyidik, kalau kami lengkapi bahwa kami menyatakan pihak keluarga menjamin kami juga sebagai kuasa hukum juga menjamin juga bahwa ibu RS ini tidak melarikan diri, tidak menghilangkan barang bukti, tidak mengulangi perbuatannya selanjutnya juga kami menjamin juga bahwa akan mempermudah jalannya proses hukum ini,” kata Insank di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin (8/10/2018).

Insank mengatakan salah satu alasan permohonan tahanan kota karena Ratna merupakan seorang tokoh. Selain itu, Ratna juga sudah berusia lanjut sehingga akan sulit beraktivitas jika berada di dalam tahanan.

“Pengajuan tahanan kota itu tentunya dasar hukumnya kita merujuk dulu pada pasal kuhap ya, kemudian kalau yang untuk menjadi alasannya adalah kami melihat dari sisi kemanusiaanya. Apa sih sisi kemanusiaan ini yang pertama kan kita enggak bisa dipungkiri dia adalah tokoh, kemudian dia juga sudah berusia lanjut gitu loh, itu lah hal-hal itu lah, kemudian obat ya kan jadi agak sedikit ini lah kalau sampe harus berada di rutan tentunya secara fisik maupun mentalnya bisa terpengaruh dengan usia lanjutnya kan sangat ini lah ya,” ujarnya.

Apalagi, kata Insank, Ratna adalah seorang aktivis di bidang seni. Menurut dia, Ratna merasa terbatasi dengan kehidupan selama di tahanan.

Baca Juga :   Masa "WFH" untuk ASN Diperpanjang Hingga 13 Mei

“Ya tapi kan persoalannya begini apakah kita mengetahui ya bahwa itu kan dia ini orang yang betul-betul seorang aktivis seroang seni ya kan, dia kan banyak beraktivitas kalau sampe dia berada di rutan otomatis terbatasi sekali aktivitas-aktivitasnya kan seperti itu, itu yang menjadi dasar kami lah,” paparnya.

Insank kemudian menceritakan kondisi Ratna yang harus selalu minum obat setiap harinya. Bahkan, menurut Insank, Ratna tampak keletihan seusai menjalani pemeriksaan yang terakhir.

“Kalau terakhir saya ketemu kalau kurang tidur, keletihan, iya. karena pemeriksaan yang terakhir itu juga selama 8 jam ya. dan sampai hari ini juga pemeriksaan itu belum selesai, masih ada lanjutannya lagi,” tuturnya. (detikcom)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Puncak Peringatan Hari Kekayaan Intelektual 2024, Kanwil Kemenkumham Sumsel Hadiri Forum Indikasi Geografis Nasional

Jakarta, KoranSN Mewakili Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Ika Ahyani Kurniawati …

error: Content is protected !!