Pengamanan Pilkada Empat Lawang Jadi Perhatian Kapolda





Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara saat di wawancarai pihak media. (Foto-Dedy/Koransn)

Palembang, KoranSN

Pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Empat Lawang menjadi perhatian Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara. Hal tersebut terungkap usai Rapat Koordinasi Pengamanan Pilkada Serentak 2018 di Polda Sumsel, Selasa (26/6/2018).

Menurut Kapolda, seperti yang diketahui bersama jika dari sejumlah daerah yang melaksanakan Pilkada serentak di Sumsel, untuk di Kabupaten Empat Lawang pihaknya telah mengerahkan personel dari Brimob dan Shabara untuk memback-up pengamanan.

“Sampai saat ini situasi pengamanan tidak ada masalah yang berarti. Hanya memang, seperti yang kita ketahui bersama, di Empat Lawang kami sudah melakukan beack-up personel Brimob dan Shabara. Bahkan di sana juga sudah ada 300 personel TNI yang di BKO (Bawah Kendali Operasi) dari Pangdam II/Swj kepada kami. Semua personel TNI ini sudah disebar bersama pihak kepolisian melakukan pengamanan di 10 kecamatan di Empat Lawang,” ujar Kapolda.

Dikatakan Kapolda, sementara untuk pengaman TPS di semua daerah yang melaksanakan Pilkada serentak di Sumsel, pihaknya juga telah menyiagakan 6000 lebih personel kepolisian yang sudah diploting di TPS sesuai dengan katagorinya.

“Dalam pengaman TPS ini kami mengkategorikan TPS Aman, TPS Rawan 1, TPS Rawan 2 dan TPS Khusus. Katagori ini berdasarkan; rawannya kriminalitas, jarak tempuh TPS yang jauh hingga harus menggunakan transportasi air dan sebagainya. Dimana untuk setiap TPS yang dinilai rawan tersebut akan dijaga 2 polisi untuk 4 hingga 5 TPS, atau 2 TPS dijaga oleh 2 polisi,” ungkapnya.

Baca Juga :   Empat Pimpinan DPRD Sumsel Definitif Dilantik 23 Oktober

Menurut Kapolda, sejauh ini situasi di daerah yang melaksanakan Pilkada serentak di Sumsel masih aman.

“Sejauh ini Alhamdulillah aman. Sementara untuk jumlah total personil kepolisian yang kami kerahkan dalam pengaman Pilkada serentak semuanya berjumlah 9.800 lebih personel yang juga dibantu oleh 4.000 lebih personel dari TNI,” tutup Kapolda. (ded)







Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Terima Kunjungan Tenaga Ahli KSP, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Bahas Ini

Palembang, KoranSN Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, Dr Ilham Djaya menerima …

error: Content is protected !!