Penghuni Rutan Tebing Tinggi Melebihi Kapasitas









Ilustrasi. (foto-net)

Empat Lawang, KoranSN

Para petugas Rumah Tahanan (Rutan) Tebing Tinggi Kabupaten Empat Lawang harus bekerja ekstra. Sebab, jumlah tahanan penghuni Rutan mencapai 190 orang sedangkan kapasitas Rutan hanya menampung 93 orang dengan jumlah 12 kamar Rutan, jumlah tersebut sudah melebihi dari 100 persen.
Kepala Rutan Tebing Tinggi, Yudhi Khairudin And IP SH MH saat dikonfirmasi Suara Nusantara, membenarkan jumlah tahanan di Rutan Tebing Tinggi 190 orang.

Jumlah tersebut menurutnya, dikarenakan ada penambahan dari Lapas Kelas II A Lahat dikarenakan Lapas di Lahat sedang dalam rehab.

“16 orang penambahan Nara Pidana (Napi) dari Lahat karena disana lagi direhab,” ujarnya.

Lanjutnya, bukan hanya Rutan Tebing Tinggi saja yang menerima tambahan tahanan dari Lapas Lahat tapi Rutan Pagaralam, Lapas Musi Rawas dan Lubuk linggau juga menerima tahanan titipan dari Lahat.

“Dengan jumlah tahanan yang over sekarang ini memang rencana akan dikurangi tapi dilihat dulu rutan yang akan dikirim namun kita koordinasi dengan kantor wilayah,” katanya.

Ia menilai kondisi Rutan Tebing Tinggi saat ini masih banyak kekurangan meskipun dengan jumlah petugas 18 orang yang telah mendapat penambahan. Kendati demikian, dari segi kesehatan juga tergolong masih minim namun pihaknya akan melaksanakan MoU dengan Puskesmas dalam hal kesehatan para Napi.

Baca Juga :   HD Wujudkan Impian Petambak Udang Sungai Menang dengan Program Listrik Masuk Tambak

“Rencana kita akan bekerja sama dengan Puskesmas Tebing Tinggi untuk kesehatan Napi di dalam Rutan agar para Napi terjamin kesehatannya selama didalam,” jelasnya. (foy)











Publisher : Imam Ndn

Lihat Juga

Pj Bupati OKI Sidak, 5 Persen ASN dan Non ASN Belum Masuk Kerja

Kayuagung, KoranSN Pj Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) Ir H Asmar Wijaya MSi dan Pj …

error: Content is protected !!