Pengumuman Adipura Kencana Ditunda, Palembang Raih Adiwiyata Mandiri

pemkot

Palembang, SN
Berdasarkan surat edaran dari Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) pengumuman untuk Adipura Kencana diundur sampai bulan Agustus. Demikian diungkapkan Kepala Badan Lingkungan Hidup (KLH), Thabrani, Kamis (4/6).

“Memang seharusnya besok, Jumat (5/6) pengumuman dari KLH, namun karena adanya surat edaran tersebut maka pengumuman harus tertunda,” katanya.

Dijelaskannya, saat ini pihaknya belum mengetahui hasil penilaian P2, namun untuk bocoran hasil P2 tersebut Palembang dinilai baik. “Bocoran informasi yang kami dapatkan nilai Palembang baik dalam penilaian P2,” terangnya.

Untuk wilayah yang dinilai dalam P2, sambung Thabrani, sangat banyak bahkan mencapai ratusan titik di Kota Palembang, diantara perkantoran, pasar dan lain sebagainya. “Banyak titik penilaiannya untuk P2, namun saya tidak hapal dan saya sedang diluar kota menghadiri rapat di Jakarta dalam rangka adiwiyata,” jelasnya.

Namun, tambah Thabrani, walaupun pengumuman adipura kencana tertunda tapi Kota Palembang mendapatkan penghargaan adiwiyata mandiri untuk 2 sekolah di Kota Palembang. “Penghargaan Adiwiyata Mandiri sama dengan adipura kencana, namun dalam ruang lingkup sekolah,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), Zulinto menmbenarkan hal tersebut, berdasarkan surat dari KLH, Kota Palembang mendapatkan Adiwiyata Mandiri untuk 2 sekolah di Kota Palembang, yakni, Sekolah SMP IBA, dan SMPN 13 Palembang.

“Kami bersyukur atas penghargaan yang telah diraih sekolah tersebut,” ujarnya.

Baca Juga :   Soal HGB, Pedagang Ngadu Pemprov Lagi

Dijelaskannya, proses Adiwiyata ini dinilai karena sekolah tersebut telah menerapkan aktivitas lingkungan di dalam kurikulum sekolah. Penghargaan Adiwiyata Mandiri ini sudah 3 kali di dapatkan sekolah di Palembang. “Nantinya yang akan mengambil penghargaan tersebut ialah kepala sekolah tersebut, Asisten II, serta Kepala BLH Kota Palembang,” ujarnya.

Kedepan, sambung Zulinto, pihaknya juga akan menugaskan salah satu pengawas disetiap sekolah untuk memimbing sekolah yang belum mendapatkan penghargaan tersebut, serta nantinya pengawas tersebut akan diberikan tanggung jawab untuk meraih Adiwiyata Mandiri ini.

“Kami menargetkan tahun depan sebanyak-banyaknya sekolah di Kota Palembang mampu meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri,” pungkasnya. (wik)



Publisher : Ferdin Ferdin

Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Kemenkumham Sumsel Kampanyekan Pembangunan Zona Integritas

Palembang, KoranSN Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Sumsel, Rahmi Widhiyanti yang mewakili Kakanwil Kemenkumham Sumsel …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!