Pentingnya Pengelolaan Air Limbah Domestik

Workshop Ranperda Pengelolaan Air Limbah Domestik. (foto-yudi/koransn.com)

Muara Enim, KoranSN

Pemerintah Kabupaten Muara Enim berupaya penuh untuk mewujudkan kesejahteraan melalui pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat akan pelayanan sanitasi yang layak. Untuk itulah, pengelolaan limbah domestik sangat penting guna membuat lingkungan sekitar menjadi sehat.

Untuk itulah pemerintah daerah melakukan Workshop Rancangan Peraturan Daerah Pengelolaan Air Limbah Domestik yang berlangsung di ruang Serasan Sekundang Pemkab Muara Enim, Selasa (17/10/2017).

“Dengan adanya Perda ini maka dapat mengendalikan pembuangan air limbah domestik, sehingga tidak menimbulkan adanya resiko terhadap ancaman pencemaran lingkungan dan dapat menjaga kualitas air baku dan air permukiman, serta menjaga kelestarian fisik lingkungan hidup,” kata Bupati Muara, Enim Ir H Muzakir Sai Sohar.

Baca Juga :   Yopi Karim Gencar Lakukan Sosialisasi

Muzakir mengatakan, Pemerintah Kabupaten Muara Enim mendukung penuh adanya Regulasi Rancangan Peraturan Daerah tentang Pengelolaan Air Limbah Domestik, yang berkualitas serta memberikan kepastian hukum dalam penyelenggaraan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik (SPALD).

Menurut Muzakir, dalam Undang-Undang No 23 Tahun 2014, tentang peraturan daerah dimana penyelenggaraan pemerintah daerah diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan, pemberdayaan dan peran serta masyarakat.

Masih dikatakan Muzakir, rendahnya kualitas sanitasi akan menjadi satu faktor menurunnya derajat kesehatan masyarakat. Kondisi sanitasi terkait dengan pengelolaan air limbah domestik di Kabupaten Muara Enim masih sangat perlu penanganan yang optimal.

Baca Juga :   Kabupaten PALI Jadi yang Pertama Rancang Desain Olahraga Daerah di Sumsel



Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Dandim 0404 Kunker ke PALI Disambut Wabup Soemarjono

PALI, KoranSN Bupati PALI, Dr. Ir. H. Heri Amalindo, MM melalui Wakil Bupati PALI, Drs. …

error: Content is protected !!