Penuhi Kebutuhan Air Bersih, Desa Noman Bangun Pamsimas









Tampak musyawarah untuk pembangunan Pamsimas di Masjid Mustaqim Desa Noman Kecamatan Rupit. (foto-sunardi/koransn.com)

Muratara, KoranSN

Masyarakat Desa Noman Kecamatan Rupit Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) mengggelar musyawarah untuk pembangunan Pamsimas guna memenuhi kebutuhan air bersih. Acara berlangsung di Masjid Mustaqim desa Noman Kecamatan Rupit Kabupaten Muratara, Rabu (14/2/2018).

Faisal pendamping Tehnik Pamsimas Kabupaten Muratara mengatakan, Pamsimas adalah program sanitasi berbasis masyarakat. Mulai dari pengajuan proposal, pemeliharaan, pembangunan harus dari keinginan masyarakat.

“Artinya ini bukan kemauan dari pemerintah, tapi kemauan masyarakat setempat,” katanya.

Ia menjelaskan, Pamsimas bukan suatu proyek tapi Swakelola yang dikerjakan oleh masyarakat desa bersangkutan. “Kami hanya mendampingi namun yang mengerjakannya masyarakat itu sendiri melalui Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM),” jelasnya.

Baca Juga :   Pemkab OKU Timur Siap Jalankan Pesan Presiden Jokowi

Untuk mendirikan Pamsimas lanjutnya, harus ada syaratnya, yakni hibah tanah dari masyarakat, kontribusi masyarakat atau incas 4 persen (bisa berupa uang tunai atau tenaga), inkind 16 persen, 10 persen dari APBDesa.

“Anggaran Pamsimas ini dari pemerintah pusat sebesar 70 persen sedangkan 30 persennya dari APBDes dan kontribusi dari masyarakat,” jelasnya.

Sementara Sekretaris Desa Noman Kecamatan Rupit Erwandi mengatakan, pihaknya akan mendukung untuk pembangunan Pamsimas karna masyarakat sangat membutuhkan sarana air bersih.

“Kita dukung pembangunannya karna masyarakat kita sangat membutuhkan air bersih,” pungkasnya singkat. (snd)

Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

DPRD OKI Gelar Paripurna Pidato Presiden

Kayuagung, KoranSN Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Ogan Komering Ilir menggelar rapat paripurna dengan …