Peran Pemda Perlu Diperkuat untuk Percepatan Transisi Energi

Ilustrasi: Pekerja membersihkan panel surya di Twins Caffe, Banda Aceh, Aceh, Senin (29/11/2021). Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebutkan Indonesia memiliki potensi energi surya yang mencapai 3.294,36 gigawatt peak (GWp) yang tersebar merata di seluruh daerah. (Foto/Antara)

Jakarta, KoranSN

Pemerintah tengah menyusun Rancangan Peraturan Presiden (Ranperpres) tentang Pembagian Urusan Pemerintahan Bidang ESDM pada Sub Bidang Energi Baru Terbarukan guna memperkuat peran daerah dalam percepatan transisi energi.

Plt. Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Sugeng Hariyono, dalam rilis Diskusi Publik bertajuk Penguatan Peran Daerah Dalam Mendukung Percepatan Transisi Energi di Indonesia, Kamis, menyatakan inisiasi penyusunan Ranperpres tersebut didasarkan pada UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah yang menyebutkan bahwa urusan pemerintahan konkuren yang tidak tercantum dalam Lampiran UU ditetapkan dengan Peraturan Presiden.

Baca Juga :   Warga Natuna Temukan Serpihan Mirip Badan Pesawat

“Melalui penguatan kewenangan ini diharapkan pemerintah daerah dapat memberikan dukungan yang lebih optimal dalam upaya pencapaian target pembangunan nasional di sektor energi khususnya target porsi energi baru dan terbarukan dalam bauran energi sebagai bagian dari upaya pengurangan emisi gas rumah kaca,” jelasnya. HALAMAN SELANJUTNYA>>



Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Presiden Jokowi: Pengelolaan Air Harus Jadi Konsentrasi Kerja

Manado, KoranSN Presiden Joko Widodo saat meresmikan Bendungan Lolak di Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!