Peran Pemda Perlu Diperkuat untuk Percepatan Transisi Energi









“Skema pembiayaan ini merupakan tindak lanjut penguatan kewenangan daerah yang saat ini Ranperpresnya sedang difinalisasi,” kata dia.

Penguatan kewenangan daerah di sektor ini juga menjadi perhatian sejumlah Pemerintah Daerah. Kepala Bidang Energi, Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat Slamet Mulyanto, menyebut sejumlah problem terkait dengan kewenangan daerah di sektor ini.

Permasalahan itu, ujar dia, misalnya program konservasi energi belum masuk di UU Pemda, kesesuaian indikator kegiatan daerah yang harus dicapai dengan terbatasnya kewenangan, tidak adanya mekanisme reward-punishment, dan tidak adanya objek kewenangan di sektor energi.

Baca Juga :   Jusuf Kalla: PMI Bersiap Hadapi Potensi Bencana Akibat Perubahan Iklim

“Kami sangat menunggu Perpres penguatan kewenangan di sektor energi baru dan terbarukan agar peran daerah semakin optimal,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas ESDM Kalimantan Timur Christianus Benny, mengusulkan agar daerah memiliki peran yang lebih besar. HALAMAN SELANJUTNYA>>











Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Presiden Jokowi Dijadwalkan Gelar “Open House” di Jakarta saat Lebaran

Jakarta, KoranSN Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan menggelar acara ramah-tamah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!