Perbatasan Palembang-OI Rentan Kebakaran Lahan





Tampak asap yang berada di lokasi. (foto-istimewa)

Palembang, KoranSN

Kebakaran lahan jelang perhelatan akbar Asian Games 2018, terjadi dibeberapa wilayah di Sumsel, salah satunya terjadi di Suak Batok Kecamatan Indralaya Kabupaten OI perbatasan dengan Kota Palembang tepatnya di lahan belukar belakang Rumah Susun (Rusun) yang berdampingan dengan Kantor Polsek Kertapati, Sabtu kemarin (28/7/2018).

Pantauan dilokasi, besarnya api yang berkobar ke udara akibat kencanganya tiupan angin membuat api dengan cepat menjalar ke lahan-lahan ilalang dan persawahan yang berada di lokasi awal terbakarnya lahan.

Lokasi kebakaran yang jauh masuk ke dalam lahan menambah sulitnya medan bagi mobil pemadam kebakaran untuk menjinakan api. Api sempat sulit dipadamkan dan terus membumbung tinggi dilahan yang banyak ditumbuhi ilalang tersebut. Namun,

Kepala Sektor Pemadam Kebakaran SU II, Rusdi mengatakan, sulitnya medan membuat petugas PBK mengambil langkah cepat dengan melakukan koordinasi kepada petugas terkait lainnya untuk bantuan dalam pemadaman api.

“Perbatasan Palembang dan OI rentan terjadi kebakaran lahan, mengingat kawasannya yang banyak ditumbuhi ilalang dan semak belukar. Sabtu kemarin saja, ada beberapa titik kebakaran lahan seperti di Kecamatan Pemulutan, Kecamatan Indralaya, hasil prediksi di OI dalam satu minggu belakangan ini sudah puluhan hektar terbakar,” katanya.

Beruntung Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Hutan, Kebun dan Lahan (Karhutbunla) Sumsel berhasil memadamkan kebakaran lahan di OI.

“Lokasi berhasil dipadamkan melalui pemadaman darat. Tak hanya di OI, delapan lokasi dibeberapa tempat juga berhasil di padamkan Satgas Karhutbunla. Berdasarkan data yang dihimpun, terdapat total delapan desa yang berada di tujuh kecamatan yang mengalami kebakaran yang berada di wilayah Kabupaten OKI dan Kabupaten OI”, ungkap Dandim 0402/OKI, Letkol Inf Septiyanizar SIP.

Baca Juga :   Kasus Covid-19 Naik, Total Sumsel Capai 2.120

Masing-masing kedelapan desa itu adalah, lanjutnya yakni; Desa Siring Alam Kecamatan Tanjung Raja OI dengan luas kurang lebih 5 hektare, Desa Sukaraja Pemulutan OI seluas 1 hektare, Desa Ibul Besar I Pemulutan OI seluas kurang lebih 8 hektare, Desa Tanjung Seteko Indralaya Induk OI seluas 300 meter persegi, Desa Lebak Deline Pangkalan Lampam OKI seluas kurang lebih 1/4 hektare, Desa Pulau Semambu Indralaya Utara OI dengan luas 2 hektare, Desa Batun Jejawi OKI seluas 0,5 hektar dan Desa Mega Terang Sungi Menang OKI. (den)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Terima Kunjungan Tenaga Ahli KSP, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Bahas Ini

Palembang, KoranSN Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, Dr Ilham Djaya menerima …

error: Content is protected !!