Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Lubuklinggau Berlangsung Khidmat

Walikota Lubuklinggau, SN Prana Putra Sohe berswafoto dengan pemuda pemudi Lubuklinggau usai upacara Hari Sumpah Pemuda ke -90. (Foto-Rifat/KoranSN)

Lubuklinggau, KoranSN

Upacara memperingati hari Sumpah Pemuda ke-90 tahun, 28 Oktober 2018 di lingkungan Pemerintah Kota Lubulinggau berlangsung khidmat. Bertempat di Lapangan Perbakin (Stadion Mini) Kayu Ara, Kecamatan Lubuklinggau Barat 1, Senin (29/10/2018).

Bertindak sebagai inspektur upacara, Walikota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe, dihadiri Kajari Lubuklinggau Zairida, Kepala BNN Kota Lubuklinggau AKBP Edi Nugroho, Ketua DPRD Kota Lubuklinggau Rodi Wijaya, Kadispora Surya Darma.

Upacara yang ditandai dengan menaikan bendera merah putih yang diiringi dengan lagu Indonesia Raya, diikuti pegawai dan staf di lingkungan Pemkot Lubuklinggau, TNI/Polri, pelajar, organisasi kepemudaan, organisasi kemasyarakatan dan tamu umdangan lainnya, berjalan dengan tertib dan khidmad.,Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-90 ini mengambil tema sentral “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”.

Tema besar ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang mampu berkiprah pada zamannya, merawat kebhinekaan, dan tetap teguh mempertahankan NKRI. Dalam pelaksanaan upacara tersebut, yang berindak sebagai Irup, menyampaikan pidato Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Imam Nahrawi.

Baca Juga :   Hotel Callista Lahat Gelar Outbond Bersama Media

Dalam kutipan pidato tersebut, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia yang disampaikan Walikota Lubuklinggau H SN Prana Putra Sohe mengingatkan semua elemen bangsa yang berhutang budi kepada para tokoh pemuda 1928 yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda sehingga menjadi pelopor untuk terus membangun kesadaran kebangsaan Indonesia sekaligus komitmen menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini.

Disampaikannya, tahun 2019 Bangsa Indonesia akan menggelar hajat besar Pesta Demokrasi untuk memilih dan menentukan pimpinan nasional dan daerah yaitu Pemilihan Presiden dan wakil Presiden, serta DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi/Kabupaten/Kota.

Amat diperlukan partisipasi aktif, peran penting dan tanggung jawab pemuda dalam menyukseskan mekanisme laju pemerintahan tersebut. Hindari gesekan-gesekan yang melemahkan persatuan, pemuda harus mampu keluar dari jebakan primordialisme, pemuda harus bangkit terus dengan hal-hal positif dan kreatif.

“Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, gagasan, tekad, dan cita-cita, pengorbananmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia. Ayo, bangun pemuda satukan Indonesia,” pesan Menpora.

Sementara itu secara khusus berpesan kepada para pemuda pada momentum Peringatan Sumpah Pemuda ini hendaknya selalu melakukan kreasi guna mengisi alam pembangunan sekarang. “Ini momentum bagi pemuda untuk selalu menciptakan kreasi guna mengisi alam pembangunan khusus di Kota Lubuklinggau,” ujarnya.

Baca Juga :   Plt Bupati Muba Berikan Tangan Palsu Pada Isrok

Nanan sapaan Orang Nomor Satu di Bumi Sebiduk Semare itu juga berpesan kepada para pemuda untuk menjauhi narkoba, menyikapi dengan cermat media sosial (medsos) dan tetap menjaga nilai-nilai persatuan dan kesatuan.

“Dahulu para pemuda kita mampu menyatukan kebulatan tekad , kenapa kita sekarang tidak bisa,” ujar Nanan.

Sementara itu Kepala Dispora Kota Lubuklinggau, H. Surya Darma mengatakan, selain dilaksanakan upacara, pada momentum Hari Sumpah Pemuda ke-90 Tingkat Kota Lubuklinggau ini, pihaknya (jajaran ASN Dispora/red) menggelar tes urine.

“Atas perintah Bapak Walikota, kita juga menggelar tes urine di lingkungan Dispora. Bagaimana kita mau memberi contoh kalau kita selaku lending sektor tidak bersih dari pengaruh narkoba,” tegasnya. (rif)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

TMMD ke-109 Kodim 0403/OKU Diharapkan Sesuai Target

Palembang, KoranSN Pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-109 tahun 2020 Kodim 0403/OKU dengan sasaran …