Peringatan Sumpah Pemuda, Bupati Inginkan Pemuda PALI Jauhi Narkoba

Bupati PALI saat menjadi inspektur upacara. (Foto-Anas/KoranSN)

PALI, KoranSN

Peringatan hari Sumpah Pemuda di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) diwarnai dengan menggelar kegiatan upacara pengibaran bendera, Senin (29/10) di halaman Kantor Bupati PALI Jalan Merdeka KM 10 Kelurahan Handayani Mulya Kecamatan Talang Ubi. Dimana Bupati PALI Ir H Heri Amalindo MM bertindak sebagai inspektur upacara.

Pada upacara peringatan hari Sumpah Pemuda ke 90 itu, Bupati membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI, dimana peringatan hari Sumpah Pemuda kali ini mengambil tema ‘Bangun Pemuda Satukan Indonesia’.

“Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertaqwa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing dan mempunyai jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan dan kebangsaan berdasarkan Pancasila serta UUD 1945 dalam kerangka NKRI,” kata Bupati.

Pesatnya perkembangan teknologi ditambahkan Bupati ibarat dua mata pisau. Disatu sisi memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan pemuda meningkatkan kapasitas pengetahuannya dalam pengembangan sumber daya serta daya saing.

Baca Juga :   Terimakasih Warga PALI Telah Berikan Bantuan Untuk Korban Tsunami

“Namun disisi lain, perkembangan teknologi mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destrutif mulai dari hoa, hate speech, pornografi, narkoba, pergaulan bebas serta radikalisme dan terorisme bisa masuk dengan mudahnya apabila kaum muda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara,” tambahnya.

Revolusi mental yang dicanangkan Presiden RI dijelaskan Bupati, amatlah relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju. Dimana ciri pemuda yang maju adalah berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing.

“Revolusi mental harus dijadikan pemicu sebagai upaya mempercepat terwujudnya pemuda yang maju, dengan demikian kita menghasilkan bangsa yang hebat,” jelasnya.

Pada upacara peringatan hari Sumpah Pemuda tahun 2018, tampak hadir ketua DPRD PALI Drs H Soemarjono, sejumlah Kepala OPD dan FKPD dilingkup Pemkab PALI serta puluhan pelajar dari beberapa sekolah dan ratusan pegawai Pemkab PALI.

Baca Juga :   Inovasi Desa Tingkatkan Pembangunan

Sementara itu, ketua DPD KNPI PALI M. Anasrul menganggap momentum Hari Sumpah Pemuda dimaknai sebagai sebuah persatuan dan kesatuan para pemuda yang berasal dari berbagai macam golongan, ras, dan suku. “Artinya, momentum Sumpah Pemuda merupakan tonggak awal persatuan bangsa Indonesia. Untuk pemuda PALI sendiri, kita berharap momen ini tidak hanya dipandang sebagai momen tahunan. Namun, harus dalam sebuah aplikasi di dunia nyata. Misal, jauhi narkoba, berinovasi untuk membangun negeri serta mampu menjadi inspirasi dan tentunya haruslah memiliki jiwa sosial tinggi untuk membantu sesama,” ungkapnya. (ans)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Sosialisasi Penukaran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Republik Indonesia

Publisher : Apriandi

Avatar

Lihat Juga

OKU Timur Kembali Raih WTP Delapan Kali Berturut-turut

Martapura, KoranSN Prestasi bidang pelaporan keuangan kembali di torehkan Kabupaten OKU Timur. Untuk kedelapan kali secara …