Pertamina Adera Bagaikan Singapur Pertamina EP



Pemberian bantuan dari Pertamina Adera ke masyarakat yang secara simbolis diberikan langsung, GM Pertamina Asset 2 didampingi FM Pertamina Adera dan Asisten 2 Setda Kabupaten PALI. (foto-anasrul/koransn.com)

PALI, KoranSN

General Manager Pertamina EP Asset 2, Ekariza, kemarin mengatakan, Pertamina EP Asset 2 Field Adera sebagai Singapurnya Pertamina EP. Hal itu dikarenakan Pertamina Adera merupakan lapangan pertamina yang unik.

Menurut Ekariza, meski produksinya belum maksimal tetapi peran dari Pertamina Adera sangat vital karena, jika tidak ada Pertamina Adera minyak dan gas hasil eksplorasi dari lapangan dan sumur seperti dari Musi, Soka, Jirak, Pendopo, dan lain-lain tidak bisa sampai ke kilang yang ada di Plaju Kota Palembang.

“Kasarnya, minyak dan gas yang dieksplor tidak bisa jadi duit kalau tidak ada Pertamina Adera,” terang Ekariza saat menyampai sambutan dalam kegiatan Safari Ramadhan 1438 H, General Manager dan Management Pertamina Asset 2 Ke Adera Field di kantor Pertamina Adera Desa Pengabuan Kecamatan Abab Kabupaten PALI.

Ekariza juga menyebutkan, di Singapur itu tidak ada sumur minyak. Tetapi, perannya sangat vital karena sebagai penghubung bahkan ada juga kilang minyak disana.

Baca Juga :   Jalan Sehat Tandai Lauching Pilwako Lubuklinggau

“Nah, hal itu sama seperti Pertamina Adera. Artinya apa, Pertamina Adera punya tugas khusus, selain berkewajiban mengeksplor sumur-sumur minyak dan gas, tugas lain Pertamina Adera juga mentransfer hasil minyak dan gas ke Kilang di Plaju,” tambahnya.

Sementara itu, Field Manager Pertamina Adera mengemukakan target dalam mengeksplor minyak dan gas dilapangan Adera hingga 2000 barel per hari.

“Saat ini produksi minyak dan gas kita di angka 1300 sampai dengan 1500 barel per hari. Namun, di tahun ini kita memiliki target untuk memproduksi migas hingga 2000 barel per hari. Atau dengan brand ‘Adera Journey to 2000 Kita Bisa’,” ungkap Hari Widodo pada Suara Nusantara.

Hari mengaku akan mengoptimalkan sumur-sumur tua yang ada di lapangan Adera.

“Tentunya kita mencoba untuk membuka sumur-sumur lama lagi, istilahnya reopening. Disamping itu juga, kita akan tetap mencari potensi sumber migas di lapisan-lapisan permukaan bumi di Lapangan Adera. Kemudian menerapkan teknologi-teknologi untuk liftik yang lebih baik,” tutupnya.

Baca Juga :   Tiga Pelajar PALI Tewas Disambar Petir di Bukit Besar Lahat

Dalam kegiatan itu pula, Pertamina Adera membeberkan program Corporate Social Responsibility (CSR) mereka telah mencapai angka lebih kurang Rp 11 Milyar. Program CSR tersebut terealisasi antara lain, Pembangunan dua unit Sumur bor di Desa Pengabuan pembuatan rumah kompos di Desa Raja Induk Kecamatan Tanah Abang, satu unit pembangunan MCK, serta membangun jalan cor beton yang menghubungkan simpang tiga Betung menuju Pengabuan. Dan beberapa bantuan di sektor pendidikan, kesehatan, keagamaan, sosial, dan kebudayaan.

Selain itu, diberikan juga hadiah kepada pemenang lomba keagamaan yang diikuti ratusan pelajar dan santri yang ada di sekitar wilayah kerja pertamina Adera. (ans)

Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Asap Tebal Karhutla, Pengendara Dihimbau Hidupkan Lampu

Indralaya, KoranSN Kebakaran hutan dan lahan kembali Terjadi di daerah Kabupaten Ogan Ilir, Kebakaran Tersebut …