Pertamina Sebut UMKM Berfokus Isu Lingkungan Perluas ke Pasar Global









Produk perhiasan dari limbah hasil UMKM binaan PT Pertamina (Persero) (Foto-Antara)

Jakarta, KoranSN

Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso mengatakan produk UMKM, yang berfokus pada isu lingkungan, memiliki kesempatan lebih besar untuk memperluas pasarnya ke kancah global.

“UMKM yang memperhatikan isu lingkungan dalam menjalankan usahanya seperti pemanfaatan produk limbah serta proses produksi ramah lingkungan, secara tidak langsung telah memberikan edukasi kepada konsumen, dan memiliki peluang dalam memperluas pasarnya, karena isu lingkungan kini telah menjadi perhatian seluruh dunia,” ujarnya dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (4/1/2024).

Baca Juga :   Investor Cina Jajaki Pembangunan PLTMb di Mukomuko

Menurut dia, Pertamina juga telah memiliki program Go Green untuk diterapkan oleh UMKM binaan dalam menjalankan bisnisnya.

Ia pun berharap program Pertamina untuk UMKM tersebut bisa berdampak positif, mendorong kemajuan, dan mengembangkan kapasitas serta kualitas UMKM Indonesia.

Fadjar menambahkan kesadaran terhadap keberlanjutan telah mempengaruhi preferensi konsumen dan sejalan dengan gaya hidup ramah lingkungan (go green), yang saat ini popular.

Ia mencontohkan pelaku UMKM dari Surabaya, Jatim, Artistica Jewelry, yang menyajikan karya seni perhiasan dari limbah kaca.HALAMAN SELANJUTNYA>>

Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Gunakan Mobil Listrik, Dirut PLN Jajal SPKLU di Rest Area 628B Saradan, Pastikan Seluruh Sistem Layanan SPKLU Andal

Madiun, KoranSN Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo meninjau langsung kesiapan Stasiun Pengisian Kendaraan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!