Pesatnya Pembangunan Tak Diiringi dengan Kesadaran

Pembangunan lintasan Light Rail Transit (LRT) akhirnya menyambung antara bagian ulu dan ilir Sungai Musi tepatnya di samping Jembatan Ampera. (foto-dok/ferdinand/koransn.com)

Pembangunan di Kota Palembang saat ini sudah mulai pesat seperti pembangunan light rail transit (LRT), fly over, Jembatan Musi IV bahkan pembangunan Jembatan VI. Belum lagi, kecanggihan teknologi dimana telah tersedia smart city seperti area wifi di sejumlah tempat.

Memasuki era milenial seperti sekarang, masyarakat Palembang terkesan masih kaku untuk menerapkan hal tersebut. Selain itu, kecanggihan teknologi seperti smart phone juga tidak bisa lepas dari kehidupan masyarakat.

Tetapi pola prilaku masyarakat di era sekarang, tidak diimbangi dengan pola masyarakat modern lainnya seperti di kota-kota besar.

Meskipun demikian, pembangunan dan kemajuan teknologi kini telah dimulai di Kota Pempek ini. Namun, masih banyak masyarakatnya yang belum menyadari akan kebersihan.

Baca Juga :   Gajah di Sumsel yang Dilupakan

Sebab, pembangunan dan kemajuan teknologi yang tak diringi dengan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan, tentunya akan memngurangi keindahan kota.

Pemerintah dalam hal ini sudah menyediakan tempat-tempat sampah yang seharusnya digunakan dengan baik. Akan tetapi, masih saja masyarakat menggunakan tradisi lama dengan sampah tidak pada tempatnya. Bahkan ke dalam drainase sehingga mengakibatkan banjir disaat hujan turun.

Walaupun demikian, pihak pemerintah juga diharapkan menjadi ujung tombak dengan mengerahkan ‘pasukan’ kebersihan guna menjaga keindahan Kota Palembang. Sejumlah tempat sampah yang ada, diharapkan sampah-sampahnya segera diangkut kemudian dibuang ke Tempat Pembungan Akhir.

Baca Juga :   Begal dan Bajing Loncat Makin Merajalela

Dengan adanya kesadaran baik dari masyarakat maupun pemerintah, tentunya kota kita tercinta akan tetap bersih dan indah sepanjang masa. (Reigan Riangga)

Infografis Lembaga Penyalur LPG di Sumsel

Publisher : Awid Durrohman

Awid Durrohman

Lihat Juga

COVID-19 Masih Memerlukan Perhatian yang Tinggi

  DI penghujung tahun 2020, permasalahan COVID-19 masih memerlukan perhatian yang tinggi, walaupun secara umum …