Petani Gorontalo Utara Tanam 100 Ribu Bibit Cabai Rawit



Kepala Dinas Tanaman Pangan, Perkebunan dan Hortikultura Gorontalo Utara Asrin Menu mengunjungi lokasi tanaman cabai rawit di Desa Bualemo, Kecamatan Kwandang. (Foto-Antara/HO-Dinas Tanaman Pangan, Perkebunan dan Hortikultura Gorontalo Utara)

Gorontalo, KoranSN

Petani di Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo menanam 100 ribu bibit cabai rawit yang dilakukan secara swadaya baik perorangan maupun kelompok, termasuk oleh kelompok tani perempuan.

“Luar biasa, para petani di Desa Bualemo, Kecamatan Kwandang membuktikan mampu secara swadaya menanam cabai rawit di lahan perbukitan maupun hamparan rata yang sangat luas. Kami mengunjungi lokasi tersebut untuk mendukung usaha pertanian hortikultura yang dilakoni para petani di daerah ini,” kata Kepala Dinas Tanaman Pangan, Perkebunan dan Hortikultura Gorontalo Utara Asrin Menu, di Gorontalo, Jumat (9/2/2024).

Baca Juga :   Pansus DPRA Telusuri Kasus Tumpahan Batu Bara ke Laut di Aceh Barat

Ia memantau langsung keberhasilan tersebut. Para petani berhasil menanam cabai rawit atau yang biasa disebut dengan nama lokal ‘Malita’ yang merupakan salah satu komoditas sangat mempengaruhi inflasi baik secara lokal maupun nasional.

Saat ini harga cabai rawit berkisar Rp18 ribu hingga Rp20 ribu per kilogram. Harga yang tergolong sangat murah, namun pada momen tertentu dapat naik signifikan bahkan mencapai Rp150 ribu per kilogram, seperti menghadapi hari besar keagamaan. HALAMAN SELANJUTNYA>>



Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Ternate, KoranSN Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara membangun infrastruktur jalan di tiga desa di …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!