Petani PALI Dibekali Pelatihan Penggunaan Alsintan Modern







Kepala Dinas Pertanian ketika meninjau praktek penggunaan traktor. (foto-anasrul/koransn.com)

PALI, KoranSN

Dinas Pertanian Kabupaten PALI, Senin (10/7/2017) beri pelatihan kepada petani di kecamatan Tanah Abang guna meningkatkan hasil produksi pertanian serta meningkatkan ketahanan pangan di PALI.

Pelatihan tersebut berupa pembekalan tentang cara mengoperasikan alat mesin pertanian (alsintan) berupa traktor roda empat.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten PALI, Torus Simbolon menjelaskan, selain untuk meningkatkan produksi hasil pertanian pelatihan juga bertujuan untuk mengajak petani di PALI agar bersawah dengan alat modern.

“Ini merupakan program dinas pertanian untuk meningkatkan produksi hasil pertanian di PALI serta juga untuk memberikan pembekalan kepada petani mengenai penggunaan alat alsintan modern. Sehingga diharapkan petani dapat meningkatkan hasil pertaniannya,” ucap Torus saat meninjau langsung ke lokasi pelatihan di wilayah kecamatan Tanah Abang.

Dituturkannya, selama ini ketika mengutus peserta mengikuti pelatihan di Palembang atau ke luar kota lainnya selalu terbatas pesertanya.

Baca Juga :   PPKM di OKU Timur Berakhir Tunggu Keputusan Diperpanjang

“Namun jika disini peserta yang mengikuti pelatihan bisa lebih banyak,” tukasnya.

Sementara Penyuluh pertanian di BP3K, Ali Sadikin menerangkan pelatihan diikuti oleh 3 kelompok tani di wilayah Kecamatan Tanah Abang.

“Dari 3 kelompok tani, sebanyak 12 peserta mengikuti pelatihan. Kemudian diantara 12 peserta tersebut 6 orang menjadi operator,” beber Ali.

Ali juga menambahkan pelatihan kali ini tidak hanya sekedar teori, tapi juga peserta langsung praktek menggunakan traktor roda empat tersebut.

“Untuk instruktur kita datangkan langsung dari operator teknis penyedia barang traktor roda empat tersebut. Sehingga, kalau terjadi trouble pada traktor tersebut langsung bisa diajarkan cara memperbaikinya. Itu juga sebagai bentuk servis dari penyedia barang kepada petani PALI,” tambah Ali.

Baca Juga :   Juara FSB Potensial Dukung Muratara Bangkit

Ditempat yang sama, Distributor PT Traktor Nusantara, Supiyanto menjelaskan, bahwa pelatihan ini untuk lebih memperkenalkan komponen serta, panel-panel bagian traktor, ke kelompok tani.

“Pelatihan ini ada dua jenis traktor yang digunakan, yakni traktor bajak dan traktor Rotary atau perataan tanah,” terang Supiyanto.

Selain itu, dirinya juga mengingatkan kepada para petani agar memperhatikan perawatan traktor tersebut.

“Oli, air harus diperhatikan. Setelah menggunakan traktor isi kembali solar hingga penuh kembali. Untuk menghindari kondensasi atau uap yang diakibatkan jika bahan bakar tidak diisi penuh. Selain itu, gunakan traktor tersebut dilahan yang tidak ada tunggulnya. Karena, bahaya bagi traktor dan si pengendara. Dan sebaiknya, kalau kepada lahan yang tunggul gunakan alat berat dozer,” bebernya. (ans)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wabup Dihadiri Ribuan Masyarakat Empat Lawang

Empat Lawang, KoranSN Komisi Pemilihan Umum (KPU) Empat Lawang menggelar Peluncuran Pemilihan Bupati dan Wakil …

error: Content is protected !!