Petugas Periksa Kendaraan dan Kesehatan Sopir





Polisi bersama petugas Dinas Perhubungan memeriksa kondisi kelayakan kendaraan bus sebelum beroperasi di Terminal Guntur, Kabupaten Garut. (foto-antaranews)

Garut, KoranSN

Petugas memeriksa kondisi kelayakan kendaraan dan kesehatan sopir sebelum kendaraan bus beroperasi mengangkut penumpang di Terminal Guntur, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Kamis (19/12/2019) dalam rangka mengantisipasi kecelakaan lalu lintas selama operasi pengamanan Natal dan Tahun Baru.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Garut, Suherman mengatakan, kendaraan angkutan umum berupa bus maupun mikro bus diperiksa seluruh kondisi kendaraannya mulai dari ban, rem, lampu dan surat-surat kendaraannya.

“Tadi kita periksa kelayakan kendaraan, semuanya aman, berbeda dengan kemarin (Rabu) ada dua kendaraan tidak layak jalan,” kata Suherman.

Baca Juga :   27 Ibu Hamil di Kabupaten Magelang Terpapar COVID-19

Ia menuturkan, selain memeriksa kelayakan kendaraan, seluruh sopir yang masuk ke terminal diwajibkan memeriksa kesehatannya oleh petugas Dinas Kesehatan Garut yang sudah disiapkan di posko kesehatan.

Sopir bus, kata dia, diperiksa tensi darahnya, kemudian tes urine untuk mengetahui sopir tersebut terpengaruhi obat terlarang atau minuman keras.

“Sopir sudah ada yang diperiksa tadi, jika ada sopir yang tidak sehat tidak boleh bawa kendaraan,” katanya.

Suherman menambahkan, kendaraan yang masuk ke Terminal Garut setiap harinya tercatat 120 bus antar provinsi dan 87 mikro bus antar kota dalam provinsi.

Baca Juga :   Tim Labfor Polri Pelajari Sampel Pasien Gagal Ginjal Akut

Pemeriksaan kendaraan dan kesehatan sopir itu, kata dia, akan terus berlanjut setiap hari sampai 2 Januari 2020 sebagai bentuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada para penumpang.

“Kita siagakan personel di terminal untuk terus memeriksa kondisi kelayakan kendaraan, kalau ada yang tidak layak tidak boleh beroperasi,” katanya. (Antara/ded)





Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Pemkot Jaktim Imbau Warga Waspadai DBD saat Musim Hujan

Jakarta, KoranSN Pemerintah Kota Jakarta Timur mengimbau seluruh warga di wilayah tersebut untuk meningkatkan kewaspadaan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!