Pilkada 2017, Kandidat Dilarang Kampanye dengan Door Prize



Ahmad Naafi.
Ahmad Naafi.

Palembang, KoranSN

Sejumlah peraturan baru terkait pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2017 mendatang resmi ditetapkan dalam peraturan KPU Nomor 12/2016, di antaranya pasangan calon kepala daerah tidak diperkenankan untuk mengadakan hadiah undian (door prize) dalam kampanye pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka dan dialog, rapat umum maupun kampanye kegiatan lainnya.

Hal ini diungkapkan oleh Komisioner KPU Provinsi Sumsel Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Ahmad Naafi, Kamis (13/10/2016).

Dikatakannya, pelarangan penggunaan door prize telah resmi diatur dalam peraturan KPU Nomor 12/2016 tentang perubahan terhadap PKPU 7/2015 tentang kampanye pemilihan gubernur dan wakil, bupati dan wakil serta walikota dan wakil walikota.

Baca Juga :   Herman Deru Diapresiasi Badan Restorasi Gambut RI

Selain itu kata Naafi, untuk kampanye melalui media sosial, pasangan calon wajib mendaftarkan akun resminya kepada KPU paling lambat satu hari sebelum pelaksanaan kampanye.

“Muatan yang ingin diambil dari pelarangan ini tidak lain untuk memberikan keadilan antar kontestan serta menghindarkan beredarnya politik uang kepada pemilih,” kata Naafi.

Namun Naafi menjelaskan, peraturan KPU tentang kampanye memberikan ruang seluasnya untuk berkampanye yang bisa dilakukan oleh pasangan calon, partai politik pengusung atau gabungan, atau tim kampanye melalui berbagai bentuk kampanye, yaitu pertemuan terbatas, pertemuan tatap muka dan dialog atau kampanye dalam bentuk lainnya, seperti rapat umum dalam jumlah terbatas, kegiatan budaya termasuk pentas seni, panen raya, konser musik kegiatan olahraga seperti gerak jalan santai, sepeda santai, perlombaan, bazaar, donor darah, ulang tahun atau kampanye melalui media sosial.

Baca Juga :   Dodi Reza Berpeluang Borong Dukungan Parpol

“Untuk kampanye media sosial harus didaftarkan akun resminya kepada KPU,” ujar Naafi kembali mengingatkan. (awj)

Publisher : Anton Wijaya

Lihat Juga

Empat Kabupaten/Kota di Sumsel Masuk Evaluasi Penerapan PPKM Level IV

Palembang, KoranSN Gubernur Sumsel, H Herman Deru secara tegas kembali mengingatkan masyarakat Sumsel untuk meningkatkan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.