Pipa Gas Milik Pertamina Meledak, Diduga Akibat Terkena Alat Berat







Tampak lokasi kejadian yang telah diberi batas oleh pihak Pertamina. (foto-anasrul/koransn.com)

PALI, KoranSN

Pipa gas milik Pertamina Pendopo yang meledak pada Jumat malam (13/7/2018) sekitar pukul 20.30 WIB di Talang Kampai Desa Benuang Kecamatan Talang Ubi Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) lalu, diduga kuat akibat terkena alat berat milik PT Titan yang tengah mengerjakan drainase jalan khusus batubara.

Sebelummya diberitakan akibat dari meledaknya pipa perusahaan ber plat merah itu selain bunyi ledakan yang cukup keras, juga belasan warga sekitar mengalami keracunan.

“Kemungkinan operator alat berat tidak mengetahui adanya pipa gas di sekitar lokasi pekerjaan, sehingga saat menggali tanah, pipa tersebut tergaruk alat berat mengakibatkan kebocoran,” ungkap Remi Rudindia, Kepala Desa Benuang.

Saat kejadian, dikatakan Kades, bahwa spontan warga berhamburan karena mendengar ledakan juga kaget karena keluar kabut pekat dari asal suara dengan bau menyengat.

“Banyak warga merasa pusing dan mual, kemudian membawanya ke klinik desa. Tetapi tidak ada yang dirujuk ke rumah sakit. Hanya ada dua anak yang sempat diberikan perawatan intensif oleh bidan desa, karena muntah-muntah,” tukasnya.

Pipa gas meledak akibat dugaan terkena ujung alat berat juga dibenarkan, Ryan Caesar Janitra, LR Pertamina EP Asset 2 Pendopo Field, Minggu (15/7/2018). Menurutnya, saat kejadian memang ada pekerjaan perusahaan batubara yang menggunakan alat berat disekitar pipa gas.

Baca Juga :   Alumni SMKN Martapura Ikuti Tes Rekrutmen PT Astra

“Dugaan sementara akibat alat berat itu, tetapi apapun penyebabnya, kita telah telah memperbaiki pipa gas yang bocor tersebut,” terang Ryan.

Sementara itu, Yayan, Humas PT Titan Group belum bisa menyimpulkan bahwa penyebab pipa gas Pertamina meledak diakibatkan pihak perusahaannya, karena saat ini, pihaknya tengah menginvestigasi penyebab pasti kejadian yang sempat membuat takut warga sekitar.

“Kami sudah lakukan pertemuan antara Pertamina dan masyarakat sekitar dengan kepala desanya, dan kami tengah investigasi bersama dilapangan penyebab pipa gas itu bocor,” katanya. (ans)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Hasil Sidak, Pj Bupati OKI Jamin Stok Pangan Aman

Kayuagung, KoranSN Pj Bupati Ogan Komering Ilir (OKI) Ir Asmar Wijaya MSi bergerak cepat dalam …

error: Content is protected !!