PLN Pagaralam Dapat Tambahan 10 MW

PLN

Pagaralam, SN
Ini merupakan kabar yang cukup menggembirakan. Tak akan lama lagi gardu induk (GI) Tebing Ayek Kapur mendapatkan tambahan pasokan listrik. Jumlah pasokan listriknya lumayan besar, 10 megawatt.

Tambahan pasokan listrik itu berasal dari pembangkit listrik tenaga mikro hydro (PLTMH) Bangke. GI Tebing Ayek Kapur merupakan penyalur listrik bagi wilayah Kota Pagaralam. Sebelumnya, GI Tebing Ayek Kapur, mendapatkan pasokan listrik dari pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Tanjung Enim.

Tambahan pasokan listrik itu harus disyukuri warga Kota Pagaralam. Sebab, jika terjadi gangguan pada transmisi, listrik tetap aman alias tidak akan padam. “Sebab, tambahan pasokan sebesar 10 megawatt itu sudah cukup untuk mengaliri listrik bagi wilayah pusat Kota Pagaralam.

“Kalau ada gangguan pada transmisi, GI masih bisa menyalurkan listrik ke Kota Pagaralam,” terang Manajer PLN Rayon Pagaralam, Iliyas, kemarin.

Baca Juga :   Disdukcapil Jemput Bola Perekaman KTP-el

Bahkan lanjut dia, wilayah lain seperti Kecamatan Dempo Tengah dan Dempo Selatan juga tak perlu khawatir. Jika terjadi gangguan pada transmisi, listrik dua kecamatan itu nantinya juga tak akan padam. Sebab jelas Iliyas, listriknya akan
dicover langsung oleh PLTMH Bangke.

“Dua kecamatan itu kan cukup dekat dengan PLTMH Bangke,” jelasnya.

Hal itu tentu saja membuat pengalaman beberapa waktu lalu tidak akan terulang lagi. Seperti diketahui, sebelumnya pada Selasa lalu (3/6), terjadi gangguan pada transmisi saluran udara tegangan tinggi (SUTT). Imbasnya, listrik padam berjam-jam.

“Itulah mengapa kita minta tambahan pasokan listrik dari PLTMH Bangke. Meskipun kita beli, tapi tidak apa-apa. Ini semua untuk kepentingan warga Kota Pagaralam,” tegas pria yang lahir di Dusun Bumi Agung ini.

Baca Juga :   Dewan PALI Desak kepolisian Ungkap Kasus Perampokan di PALI

Namun itu bisa dinikmati ketika semua tahapan penyaluran pasokan listrik sudah kelar. Menurut Iliyas, saat ini proses pemasangan material untuk menyalurkan pasokan listrik itu dari PLTMH ke GI sedang berlangsung. Diantaranya sebut dia, pemasangan tiang serta kabel bungkus. Penggunaan kabel bungkus terang dia, membuat tanam tumbuh dan layang-layang tidak akan menganggu keandalan pasokan listrik. “Kita berharap, seluruh proses tersebut berjalan lancar. Tak ada hambatan,” ungkap  Iliyas. (asn)

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Cakada Wajib Terapkan Protokol Kesehatan

Indralaya, KoranSN Selain melaksanakan pengundian nomor urut untuk pasangan calon bupati dan waki bupati Ogan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.