PN Lubuklinggau Sidangkan Ratusan Kasus Pencurian





Hendri Agustian. (foto-istimewa)

Lubuklinggau, KoranSN

Humas Pengadilan Negeri (PN) Lubuklinggau, Hendri Agustian mengatakan, saat ini ada ratusan atau 230 perkara pencurian yang disidangkan. Dari kasus tersebut, setiap terdakwa mengaku melakukan pencurian karena faktor ekonomi dan pendidikan.

“Dari 230 perkara yang disidangkan di PN Lubuklinggau ini, untuk faktor mereka melakukan pencurian kebanyakan dari faktor ekonomi lah mereka melakukan pencurian, dan juga faktor dari pendidikan,” ujar Hendri, Senin (27/8/2018).

Dijelaskannya, dari sekian ratus kasus tersebut didominasi kasus pencurian buah kelapa sawit.

Baca Juga :   Kejaksaan Negeri Lubuklinggau Akan Segera Ekspose Lima Perkara

“Kasus pencurian di sini rata-rata paling banyak kasus pencurian buah kelapa sawit,” ungkapnya.

Menurutnya, selain kasus pencurian ada juga perkara kasus pencurian dengan kekerasan, kasus pencurian sepeda motor. Banyaknya jumlah kasus pencurian yang disidangkan di Pengadilan Negeri Lubuklinggau, karena kasus tersebut dari tiga wilayah yakni; Musi Rawas, Lubuklinggau dan Muratara.

“Berdasarkan data kita, perkara yang sudah diputus dan juga masih proses persidangan sebanyak 549 kasus untuk tindak pidana biasa, dan untuk pidana anak sebanyak 46 pidana, dari data tersebut yang paling banyak adalah perkara pencurian,” paparnya.

Baca Juga :   Kapolda Deadline 14 Hari Tangkap Penembak Kanit Reskrim di OKI Hidup Atau Mati!

Hendri juga menjelaskan, dari 230 perkara yang sudah diputus atau masih disidangkan tersebut 38 kasus yang diantaranya adalah pencurian yang dilakukan anak-anak dan sisanya dilakukan orang dewasa.

“Untuk pidana anak, dari fakta di persidangan, mereka kebanyakan hanya mengikuti atau diperintah saja oleh pelaku utamanya,” katanya.

Lanjutnya, namun ada juga beberapa anak menjadi pelaku utama dalam kasus pencurian dan tentunya itu dapat memberatkan hukuman anaktersebut. (rif)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Puluhan Kios dan Ratusan Los Pasar Karang Kobar Banjarnegara Terbakar

Banjarnegara, KoranSN Bencana kebakaran terjadi di salah satu pasar terbesar di wilayah Kecamatan Karang Kobar,m …

error: Content is protected !!