Polda Cari Putra-Putri Terbaik Kabupaten Kota di Sumsel





Karo SDM Polda Sumsel, Kombes Pol Kristiyono menyampaikan sambutan saat MoU bersama bupati dan walikota se-Sumsel, beberapa waktu yang lalu. (foto-dedy/koransn.com)

POLDA Sumsel mencari putra-putri terbaik di 17 kabupaten/kota di Sumsel untuk dijadikan anggota polisi angkatan tahun 2018. Demikian dikatakan Karo SDM Polda Sumsel, Kombes Pol Kristiyono, Selasa (10/10/2017).

Menurutnya, untuk mencari bibit-bibit calon anggota Polri terbaik tersebut belum lama ini Polda Sumsel telah melakukan MoU kepada bupati dan walikota se-Sumsel dalam rangka memberikan kewewenangan kepada bupati dan walikota, untuk melatih dan membina putra putri terbaik di setiap daerah guna diikut sertakan dalam tes seleksi penerimaan Polri yang dimulai pada bulan Februari 2018 mendatang.

“Dalam mencari putra dan putri terbaik inilah makanya kita menggandeng pemerintah daerah (Pemda). Sebab, jika putra putri terbaik tersebut lulus tes seleksi dan menjadi anggota Polri maka mereka akan ditempatkan di daerah asalnya. Misalkan, di daerah pedalaman seperti suku dalam. Kalau lulus seleksi dan menjadi anggota polisi akan ditempatkan di sana,” ujarnya.

Baca Juga :   Panitia Alex Noerdin Cup Kembali Bagikan Ribuan Sertifikat Ditandatangani Ronaldinho 

Diungkapkannya, Polda Sumsel menggandeng Pemda karena dalam pembinaan dan pelatihan tersebut tentunya membutuhkan biaya dan anggaran. Makanya Polda Sumsel meminta bantuan Pemda untuk mencari bibit terbaik agar dilatih oleh Pemda dan selanjutnya diikutkan seleksi penerimaan anggota Polri.

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara bersama bupati dan walikota saat acara Mou program pembinaan dan pelatihan calon anggota Polri tahun 2018 di Aula Catur Sakti Mapolda Sumsel.

“Pemda itu kan tugasnya menyiapakan SDM yang unggul untuk melayani masyarakat di daerahnya. Dari itulah kita kerja sama dengan Pemda untuk mambantu kita mencari bibit-bibit terbaik,” jelasnya.

Menurutnya, program pembinaan dan pelatihan tersebut akan dilakukan Pemda selama tiga bulan, dimulai dari bulan November 2017 hingga bulan Januari 2018 mendatang. Sedangkan untuk jumlah putra dan putri terbaik yang akan dilatih, itu semampu Pemda.

“Kalau Pemda mampu mengongkosi 50 peserta yang akan dilatih dan dibina tidak apa-apa. Yang jelas, pelatihan ini dilakukan selama tiga bulan, sebab pada Februari 2018 sudah masuk masa tes seleksi penerimaan anggota Polri,” ungkapnya.

Baca Juga :   Jadikan RSUD Sumsel Terbaik dan Profesional

Lebih jauh dikatakannya, sejauh ini pihaknya masih menunggu informasi dari Mabes Polri untuk jumlah kuota, berapa orang yang akan diterima menjadi anggota Polri dalam seleksi penerimaan di Polda Sumsel.

“Jadi untuk kuota Sumsel kita masih menunggu Mabes. Meskipun demikian, para peserta yang akan mengikuti seleksi diharapkan mempersiapkan diri dari jauh hari. Apalagi dengan adanya program mencari putra-putri terbaik ini kita mengutamakan putra-putri Sumsel yang berprestasi, memiliki keterampilan, pengetahuan dan keahlian lainnya seperti; atlet dan Hafiz Al-Quran,” tandasnya. (ded)





Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Perkuat Peran Pers dalam Mensukseskan Sumsel Mandiri Pangan

Palembang, KoranSN Dalam rangka HUT ke-76 PWI dan Hari Pers Nasional 2022, PWI Prabumulih akan …

error: Content is protected !!