Polda Sumsel Akan Bekukan Rekening Abu Tours



Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara. (Foto-Dok/Dedy/Koransn)

Palembang, KoranSN

Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara, Kamis (15/2/2018) mengungkapkan jika penyidik Polda Sumsel nantinya akan membekukan rekening bank milik Abu Tours.

Dikatakan Kapolda, pembekuan rekening tersebut dilakukan terkait pengungkapan dugaan kasus penipuan calon jamaah umroh yang hingga saat ini belum diberangkatkan oleh pihak Abu Tours Cabang Palembang.

“Ya, nanti rekening Abu Tours akan dibekukan, tapi setelah penanganan dugaan kasus ini naik ke penyidikan. Sebab, saat ini masih dalam proses penyelidikan,” terang Kapolda.

Dijelaskan Kapolda, sesuai dengan tahap penyelidikan, awalnya penyidik melakukan pemeriksaan terhadap saksi-saksi dulu. Kemudian, barulah dilakukan gelar perkara.

“Setelah gelar perkara dan ditetapkan tersangkanya, barulah dugaan kasus ini dinaikan ke penyidikan. Nah, saat itulah kita akan lakukan pembekuan rekening Abu Tours,” ungkap Kapolda.

Lanjut Kapolda, begitu juga untuk penerapan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU). Apabila dalam proses penyelidikan ternyata penyidik mendapati bukti adanya uang para korban untuk berangkat umroh yang telah disetorkan digunakan untuk membeli aset kekayaan, barulah pihaknya menerapkan TPPU dalam dugaan kasus ini.

“Jadi TPPU akan diterapkan setalah naik ke penyidikan. Oleh karena itu, kita tunggu saja hasil penyelidikan yang saat ini masih dilakukan oleh penyidik Polda Sumsel,” ujar Kapolda.

Baca Juga :   KPK Konfirmasi Saksi Keberadaan Tersangka Samin Tan Saat Jadi Buronan

Diberitakan sebelumnya, Senin siang (12/2/2018) puluhan calon jamaah umroh telah membuat laporan ke SPKT Polda Sumsel. Laporan para korban diterima petugas dengan Nomor laporan No: LPB/188/ISI/2018/SPKT dengan terlapor Direktur Utama PT Amanah Bersama Umat yang menaungi Abu Tours, H Muhammad Hamzah Mamba (53), warga Jalan Bajigau Raya No 321 Makasar Sulawesi Selatan.

Menindaklanjuti laporan para korban, sore harinya sekitar pukul 17.00 WIB, penyidik Subdit I Keamanan Negara (Kemneg) Ditreskrimum Polda Sumsel memasang police line di Kantor Abu Tours Palembang guna kepentingan penyelidikan dugaan kasus ini. (ded)







Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Rumah Warga di Talang Semut Terbakar

Palembang, KoranSN Tercium bau asap, seorang warga di Jalan Joko, Kelurahan Talang Semut, Kecamatan Bukit …

error: Content is protected !!