Polisi Incar Buronan Pulang Kampung di Hari Lebaran



AKBP Wahyu Bintono. (foto-dok/ferdinand/koransn.com)

Palembang, KoranSN

Kapolresta Palembang, Kombes Pol Wahyu Bintono Hari Bawono, Selasa (13/6/2017) mengatakan, pihak kepolisan mengincar buronan pelaku kejahatan yang pulang kampung saat hari lebaran Idul Fitri. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi agar buronan tersebut tidak memanfaatkan suasana lebaran untuk kembali melakukan aksi kejahatan di Kota Palembang.

Menurut Kapolresta, para buronan biasanya akan pulang dari pelarian untuk menemui keluarganya di Hari Raya Idul Fitri. Tidak menutup kemungkinan saat pulang kampung ini mereka kembali melakukan aksi kejahatan. Dari itulah semua aparat harus berkordinasi dalam mengungkap kasus, terutama kasus-kasus yang menonjol dan menjadi sorotan masyarakat.

“Dari itu lakukan lidik dan pulbaket (pengumpulan data), apabila ditemukan maka lakukan tindakan upaya paksa penangkapan dan tindakan tegas kepolisian,” tegas Wahyu saat apel pengamanan jelang Hari Raya Idul Fitri dalam rangka penanggulangan gangguan Kamtibmas seperti kejahatan jalanan di Polresta Palembang.

Baca Juga :   Tak Dapat Mengelak, Saat Digeledah Ronal Sembunyikan 11 Bungkus Sabu

Ia berharap, seluruh anggota kepolisian dapat menjaga situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polresta Palembang jelang lebaran. Selain itu dirinya juga menghimbau agar semua anggota dapat mengungkap kasus-kasus yang menonjol dan menangkap para pelaku kejahatan yang selama ini masih menjadi buronan.

Tak hanya itu, Kapolres juga memerintahkan jajarannya untuk mencegah aksi-aksi kejahatan jalanan yang biasanya marak terjadi jelang lebaran.

“Agar benar-benar dapat menjaga situasi Kamtibmas di wilayah hukum Polresta Palembang, perlu adanya penindakan tegas terhadap para pelaku kejahatan, mengingat sebentar lagi masyarakat akan memasuki hari raya lebaran,” ungkapnya.

Masih dikatakan Wahyu, Hari Raya Idul Fitri di Kota Palembang diharapkan berjalan aman tanpa adanya gangguan Kamtibmas, karena beberapa hari kemarin menjelang lebaran ada dua kasus menonjol terjadi di wilayah hukum Polda Metro Jaya.

Baca Juga :   Tim Penyidik KPK Kembali Geledah Dua Kantor Dinas Pemkot Batu

“Seperti pelaku Curanmor yang menembak mati korbannya dan perampokan yeng disertai penembakan terhadap korban. Untuk itu, dua kasus yang cukup menjadi sorotan nasional tersebut agar dapat menjadi acuan kita, agar hal tersebut tidak terjadi di Palembang,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Kapolresta, semua aparat kepolisian harus melakukan upaya penyelidikan secara maksimal dan gunakan semua ilmu kepolisian yang telah dimiliki oleh setiap anggota dijajaran. (den)

Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Kejati Tegaskan Segera Berkas Alex Mudai Dilimpahkan ke Pengadilan

Palembang, KoranSN Kasi Penerangan dan Hukum (Penkum) Kejati Sumsel, Mohd Radyan SH MH, Minggu (16/1/2022) …