Polisi Sergap Gudang Pipa Minyak yang Diduga Hasil Curian

Lokasi penggerebekan yang dipasang police line. (Foto-Anas/Koransn)

PALI, KoranSN

Kepolisian Sektor (Polsek) Penukal Abab dibantu Kepolisian Resort (Polres) Muara Enim dan security Pertamina EP Asset 2 Adera Field menyergap gudang yang diduga menampung pipa minyak hasil curian milik Pertamina yang terletak di Desa Purun Kecamatan Penukal Kabupaten PALI, Senin (30/10/2017) sekitar pukul 09.00 WIB.

Dalam penggrebekan tersebut, berhasil diamankan ratusan batang pipa khusus transfer minyak mentah yang diduga milik Pertamina berbagai macam ukuran. Dari informasi yang berhasil dihimpun Suara Nusantara, bahwa gudang diketahui milik warga setempat berinisial ‘RH’ (DPO) yang merupakan tempat jual beli barang bekas.

Sutijak, Legal and Relationship (LR) PT Pertamina EP Asset 2 Field Adera menerangkan, akibat dari kejadian tersebut pihak perusahaan dirugikan mencapai Rp 1,6 milyar.

“Memang kami belum bisa memastikan bahwa pipa tersebut milik perusahaan. Tetapi, berdasarkan pengamatan kami di lapangan kuat dugaan pipa tersebut merupakan pipa minyak milik Pertamina. Karena juga, kami sering mendapatkan laporan hilangnya pipa-pipa dari beberapa lokasi kami, seperti di Desa Panta Dewa, Desa Purun dan beberapa lokasi lainnya,” terang Sutijak.

Sedikitnya 362 batang pipa minyak berbagai ukuran serta dua buah valve ukuran 6 inch yang berhasil ditemukan pihak kepolisian beserta security Pertamina dari rumah RH.

“Setelah dihitung, total kerugian negara mencapai Rp 1,6 miliar rupiah. Ratusan batang pipa itu ditemukan di berbagai lokasi di rumah ‘RH’, seperti gudang, kebun karet depan, kebun karet belakang, samping rumah, gudang rongsokan,” tutupnya seraya mengatakan bahwa kasus ini sudah dilaporkan ke pihak berwajib untuk dilakukan proses selanjutnya.

Sementara itu, Kapolres Muara Enim, AKBP Leo Andi Gunawan, SIk MPP melalui Kapolsek Penukal Abab, AKP Denni NS membenarkan penggerebekan gudang penyimpanan pipa yang diduga kuat hasil pencurian dari perusahaan Pertamina.

Baca Juga :   KPK Periksa Adik Rafael Alun

“Setelah ada laporan, kami langsung menindaklanjuti dengan melakukan penggrebekan di TKP. Dan benar saja, di lokasi yang merupakan tempat jual beli barang bekas memang ada sebuah gudang yang menyimpan puluhan batang pipa yang mirip milik Pertamina Adera,” ungkap AKP Denni NS, saat dijumpai di Mapolsek Penukal Abab.

Dijelaskan Denni, kasus tersebut ditangani langsung Polres Muara Enim dan lokasi gudang masih terpasang garis polisi.

“Barang bukti sudah diangkut ke Polres Muara Enim, sementara pemilik gudang melarikan diri, hanya saja ketika kita lakukan penggrebekan, ada anak dibawah umur bermaksud menjual besi berupa pipa mirip milik Pertamina. Kemudian anak tersebut, dibawa ke Polres juga untuk dilakukan pemeriksaan dan pengembangan,” jelasnya. (ans)



Publisher : Apriandi

Lihat Juga

KPK Dalami Aliran Uang Suap Gubernur Maluku Utara

Jakarta, KoranSN Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kini sedang mendalami aliran uang suap yang diterima …

error: Content is protected !!