Polres Terus ‘Intens’ Sosialisasi Karhutla



Para petugas Kepolisian saat mensosialisasikan Karhutla kepada masyarakat. (foto-cr1/koransn.com)

Musirawas, KoranSN

Jajaran kepolisian Polres Musirawas terus intens menyosilisasikan dan memberikan imbauan kepada masyarakat untuk pencegahan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Melalui seluruh Bhabinkamtibmas yang ada di tingkat desa, petugas bergerak secara masif melakukan sosialisasi secara door to door atau dengan mendatangi masyarakat secara langsung.

Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi dini jangan sampai terjadi karhutla.

Pantauan Suara Nusantara, seperti yang dilakukan aparat Bhabinkamtibmas Polsek Tugumulyo yang mendatangi langsung para petani di areal pesawahan Desa C Nawangsasi Kecamatan Tugumulyo Kabupaten Mura.

Salah satu bentuk sosialisasi pencegahan yang dilakukan petugas yakni; membagikan brosur tentang pencegahan Karhutla.

Kapolsek Tugumulyo, AKP Dedi Purna Jaya mengatakan, personel Bhabinkamtibmas digerakkan untuk memberikan penyuluhan kepada petani dengan memberikan brosur larangan pembakaran hutan dan lahan.

Hal ini sekaligus juga mengingatkan agar petani tidak membakar lahan atau sisa hasil panen padi (jerami) karena dapat berpotensi menyebabkan kebakaran yang besar.

Sementara itu, Kapolres Mura, AKBP Pambudi menambahkan, upaya preventif dalam penanganan Karthutla ini dilakukan jajarannya secara intens.

Baca Juga :   Guru SMA di Mura Tewas Lakalantas

Setiap kali berinteraksi dengan petani di pedesaan, personel Bhabinkamtibmas senantiasa mengingatkan warga untuk meninggalkan budaya lama, yaitu membuka lahan pertanian atau perkebunan dengan cara membakar. Termasuk melakukan pembakaran saat membersihkan bekas panen.

“Sampai sejauh ini upaya intensif yang dilakukan jajaran kami cukup berhasil. Hal ini dapat dilihat dengan minimnya titik api atau hot spot melalui aplikasi pemantauan satelit,” tandas Kapolres. (cr1)







Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Diduga Bunuh Diri, Juru Parkir Terjunke Sungai Musi

Palembang, KoranSN Diduga sengaja terjun, seorang pria bernama M Hidayat (24) dilaporkan tenggelam di Sungai …

    error: Content is protected !!