Ponpes Tahfidz Al Quran Al Faroz Tanjung Enim Diresmikan



Ponpes Tahfidz Al Quran Al Faroz Tanjung Enim Diresmikan. (foto-yudi/koransn.com)

Muara Enim, KoranSN

Pondok Pesantren (Ponpes) Tahfidz Al Qur’an Al Faroz berlokasi di Talang Jawa Tanjung Enim Kecamatan Lawang Kidul Kabupaten Muara Enim diresmikan pemerintah daerah Kabupaten Muara Enim oleh Bupati Ir H Ahmad Yani MM, Rabu (3/4/2019) kemarin.

Hadir dalam acara tersebut, Kapala Bagian Kesejahteraan Masyarakat (Kabag Kesra) Zulfikar SAg MM, Camat Lawang Kidul Drs Rahmad Noviar MSi, Lurah Pasar Tanjung Enim Dewi Resmini, ulama dan tokoh masyarakat.

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita, serta penandatanganan prasasti oleh Bupati Ir H Ahmad Yani MM, dilakukan Kabag Kesra Zulfikar SAg MM dan Camat Lawang Kidul Drs Rahmad Noviar MSi. Kemudian pemotongan nasi tumpeng oleh pimpinan pondok pesantren Al Qur’an Al Faroz Ustad Hibatul Azizi. Setelah itu dilanjutkan dengan pengajian Israj Miraj Nabi Muhammad SAW 27 Rajab 1440 H. Ceramah agama disampaikan oleh Kyai Usnudin Karim dari Lahat.

Pimpinan pondok pesantren Al Qur’an Al Faroz Ustad Hibatul Azizi mengatakan, berdirinya Ponpes ini mendapatkan dukungan masyarakat, dan pemerintah Kabupaten Muara Enim. Diakuinya, sampai sekarang ini kegiatan sudah berjalan selama 7 bulan.

Baca Juga :   Bayar Rp 210 Ribu Masyarakat Musirawas Bisa Nikmati Air Bersih

“Sesuai pesan kyai kami dari Ponpes Tebu Ireng, jika mendirikan pondok pesantren supaya tangan diatas lebih baik dari pada tangan dibawah. Artinya, selama ponpes ini didirikan kami tidak membuat proposal, namun semuanya dari para donatur yang dengan iklas membantu,”tutur Azizi.

Lanjut Azizi, perjuangan yang panjang untuk mendirikan rumah Tahfidz ini sehingga bisa terwujud sekarang ini. Kendati demikian, pihaknya masih mempunyai kekurangan yakni lahan ponpes yang masih kurang luas. Saat ini, lahan yang digunakan untuk kegiatan pondok seluas 10×20 meter, dan idealnya minimal 1 hektar.

“Kami ingin mengembangkan pondok kesamping , dan ke bawah. Namun belum bisa kita lakukan sekarang. Kedepan kita ingin mempunyai kantor, masjid, asrama, dan sarana ponpes lainnya,”harapnya.
Masih dikatakannya, kegiatan para santri setiap hari dimulai pada pukul 3 sore hingga jelang magrib.

Kata dia, para santri datang dari berbagai wilayah desa dan kelurahan di Kecamatan Lawang Kidul. pondok Tahfidz ini juga dengan tujuan mendukung program pemerintah daerah Muara Enim satu desa satu Tahfidz dan mewujudkan Tanjung Enim kota Santri dalam rangka mendukung PTBA Tanjung Enim Kota Wisata.

Baca Juga :   5 Paslon Cabup-Cawabup Banyuasin Jalani Tes Kesehatan

Disebutkannya, prestasi yang sudah diraih santri ponpes ini diantaranya Abdulrahman Sudais juara 2 dan M Zakwan Athillah juara 3 MTQ tingkat Kecamatan Lawang Kidul. Selanjutnya, juara 1 cabang 10 juz oleh Asyraf Fikri Al Kazm pada MTQ tingkat Kabupaten Muara Enim 2019.

Sementara itu, Kabag Kesra, Zulfikar SAg MM mewakili Bupati Muara Enim mengapresiasi pengurus Ponpes Taffizh Al Qu’an Al Faroz dan masyarakat. Karena kegiatannya telah mendukung program pemerintah Kabupaten Muara Enim dalam mewujudkan masyarakat yang agamis.

“Dengan adanya kegiatan pondok Tahfidz Al Qur’an Al Faroz ini mendukung visi misi mewujudkan masyarakat Agamis, Berdaya Saing, Mandiri, Sehat, dan Sejahtera,”ungkapnya. (yud)

 

Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Sang Legislator OKU Timur Fraksi Golkar Tutup Usia

Martapura, KoranSN “Innalillahi wa innaillaihi,” kabar duka wafat salah satu Anggota DPR OKU Timur yang …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.