Popo Ali Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat Melalui Pembangunan Religi & Mental







Bupati dan Wakil Bupati OKU Selatan foto bersama Presiden dan Wakil Presiden RI. (Foto-Ist)
Bupati dan Wakil Bupati OKU Selatan foto bersama Presiden dan Wakil Presiden RI. (Foto-Ist)

GUNA mensejahterakan masyarakat yang menjadi prioritas utama, Bupati OKU Selatan Popo Ali M.B, Commerce terus meningkatkan pembangunan dengan religi dan mental kepada masyarakat.

Hal ini dilakukan bupati sesuai dengan visi Pemkab OKU Selatan lima Tahun kedepan yakni; ‘Religius Didalam Penguatan Pembangunan OKU Selatan Yang BERSAMA (Bermartabat, Religius, Sejahtera, Maju dan Adil)’.

Sebagai bentuk perhantiannya untuk kesejahteraan masyarakat, kini Pemerintah Kabupaten OKU Selatan memberikan bantuan kepada 42 Masjid dan Musholah yang tesebar di dalam wilayah Kabupaten OKU Selatan. Selain itu, 17 pondok pesantren juga mendapatkan bantuan. Bantuan disalurkan dengan pembagian buku rekening kepada para pengurus Masjid dan pondok pesantren di Wilayah Kabupaten OKU Selatan Tahun Anggaran tahun 2016.

Dikatakan Bupati OKU Selatan Popo Ali M.B, Commerce, dengan bantuan yang disalurkan diharapkan dapat dipergunakan sebaik-baiknya dan digunakan untuk kepentingan jemaah, serta untuk pembangunan Masjid agar masyarakat dapat beribadah dengan baik.

“Pemberian buku rekening dilakukan secara langsung. Hal ini dilakukan agar tali silahturahmi kepada rakyat selalu terjalin. Pembagiannya pun di bagi menjadi empat wilayah yang akan dibalut dengan kegiatan Safari Jumat,” ujar bupati.

Selain itu, bupati menyampaikan, dengan adanya isu penghapusan fungsi dari P3N oleh Kementerian Agama Republik Indonesia maka Pemerintah Kabupaten OKU Selatan menghimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dalam menanggapi permasalahan tersebut. Karena saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten OKU Selatan untuk membahas permasalahan tersebut.

“Insya Allah akan kami cari solusi yang terbaik buat masyarakat. Untuk itu saya berpesan kepada para Camat untuk dapat terus memantau dan mendampingi aktivitas keagamaan walaupun P3N sedang dalam proses penghapusan oleh Kementerian Agama. Sedangkan untuk masalah pencatatan pernikahan dilakukan oleh Kantor Urusan Agama setempat,” paparnya.

Baca Juga :   Kejar Target, Seminggu RAPBD OKU Disahkan Dewan

Lanjut bupati, sedangkan untuk dengan pembangunan mega proyek pembangunan Bendungan Tigadihaji, saat ini ia telah bertemu dengan Balai Besar Regional VIII Provinsi Sumatera Selatan dan Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Sumatera Selatan.

“Insya Allah di minggu ketiga di bulan April akan segera memasuki tahap pembayaran pembebasan lahan. Untuk itu saya berharap kepada masyarakat Tigadihaji agar dapat saling mendukung sehingga pembangunan bendungan ini dapat berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan,” tandasnya.

Sementara Kepala Desa Kota Batu Warkuk Ranau Selatan, Herli Badri mengatakan, pembangunan religi dan mental masyarakat sangat penting karena kesejahteraan tidak hanya berpatokan pada pembangunan fisik saja. Dari itulah ia sangat mendukung kebijakan Pemerintah Daerah OKU Selatan.

“Popo Ali sangat perduli memperhatikan pembangunan yang bersifat religi, kami dukung sepenuhnya,” Katanya.

Ia menegaskan, program peningkatan pembangunan religi dan mental masyarakat akan berdampak pada kesadaran dan menumbuhkan rasa optimis, serta kebersamaan dalam masyarakat.

Tekad bulat dan semangat sangat nampak dari Bupati OKU Selatan Popo Ali M B Commerce untuk terus memajukan daerah OKU Selatan. Hal ini sangat terasa dan tergambar dari beberapa rencana kerja dan program yang sudah disiapkannya.

“Hal yang utama adalah bagaimana meningkatkan kesejahteraan rakyat, memajukan dunia pendidikan dan bagaimana agar warga OKU Selatan dapat maju serta menikmati pembangunan yang dilakukan pemerintah selama ini,” ujar Bupati Popo Ali dalam perbincangan dengan Suara Negeriku di Hotel Arista.

Baca Juga :   Pemkot Palembang Terima Penghargaan PPKM Award 2023 Katagori Terbaik Region Sumatera

Menurut Popo Ali, banyak yang harus dibenahi dan dilakukan di OKU Selatan. Lalu ia menceritakan begitu banyak potensi di OKU Selatan yang dapat dijadikan komoditi andalan. Mulai dari pertanian, perkebunan, dan pariswisata.

“Kita punya Danau Ranau yang begitu cantik dan indah. Ini adalah kekayaan alam di OKU Selatan yang dapat menjadi wisata andalan. Saat ini beberapa infrastruktur dan fasilitas di sekitar danau tersebut terus kita perbaiki, misalnya hotel atau tempat menginap,” paparnya.

Kemudian ia menceritakan, begitu banyak kekayaan yang belum terekspose selama ini. Mulai dari air terjun sampai peninggalan sejarah. “Ini semua akan tingkatkan menjadi andalan wisata OKU Selatan,” tegasnya.

Untuk mendukung program pariwisata ini, dijelaskan bupati, kini di Muara Dua mulai bermunculan hotel-hotel yang refresentatif. “Tak hanya itu, di OKU Selatan ada bandar udara, ini yang akan kita usahakan untuk tingkatkan,” ujar Bupati yang belum lama ini menerima Anugerah Lencana Alumni Kehormatan Pendidikan Tinggi Kepamong Prajaan dari Institute Pemerintah Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor Kabupaten Sumedang Provinsi Jawa Barat.

Dalam kesempatan itu, Popo Ali menyampaikan, dalam perjalanannya Pemkab OKU Selatan berupaya meningkatkan pelayanan dan kualiatas penyelenggraan pemerintahan. Hal itu telah terbukti sehingga pada tahun 2015 Kabupaten OKU Selatan telah berhasil memperoleh penghargaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah ( LKPD ) tahun 2014 dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) oleh BPK RI perwakilan Sumatera Selatan. Capaian tersebut merupakan sebuah penghargaan pertama yang diraih Kebupaten OKU Selatan sejak terbentuknya sebelas tahun yang lalu. (adv/dan)







Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Pj Bupati Banyuasin Hani S Rustam Sholat Idul Adha di Masjid Agung Al-Amir

PJ Bupati Banyuasin, H Hani S Rustam didampingi Ketua Penjabat TP PKK Hj Merry Hani …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!