Porbi Basmi Puluhan Hama Babi





Anjing pemburu lagi menggigit babi hasil tangkapannya. (foto-sunardi/koransn.com)

Muratara, KoranSN

Sejak Februari 2017, Persatuan Olah Raga Buru Babi (Porbi) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) berhasil membasmi puluhan hama babi yang meresahkan masyarakat.

“Kemarin, kami bergerak di Surulangun Kecamatan Rawas Ulu berdasarkan permintaan masyarakat dan berhasil mengamankan 7 ekor hama babi dengan rata-rata berat 75 Kg,” kata Ketua umum Porbi Muratara melalui Sekretaris Umum (Sekum), Servinerkhan Putra, Rabu (15/2/2017).

Ia menjelaskan, jadwal berburu timnya pada hari Selasa, tapi tergantung juga dengan permintaan masyarakat. Karena dalam 2 pekan terakhir ini sudah 5 kali berburu seperti di Desa Karang Anyar, Karang Waru di Kecamatan Rupit, Desa Biaro Baru Kecamatan Karang Dapo, kemudian Desa Terusan Kecamatan Karang Jaya, serta terakhir di Kelurahan Surulangun Kecamatan Rawas Ulu.

Baca Juga :   Pastikan Stok Sembako Aman, Wabup OKU Timur Gelar Sidak Pasar

“Jelas dari 5 desa itu mencapai puluhan hama babi yang kami basmi. Nah, jika petani meminta kami turun kami tidak meminta imbalan sedikitpun, kami ikhlas menjalaninya tapi masukkan surat permintaannya,” ungkapnya.

Servinerkhan mengaku, anjing yang dibawa untuk berburu sudah terlatih, sebab memakai peranakan yang sudah dilatih dari Pulau Jawa.

“Kita sudah ada rencana masuk ke Kecamatan Ulu Rawas, tapi surat permintaan dari masyarakat belum kami terima. Walaupun pemberitahuan lisan sudah ada,” ujarnya.

Sedangkan, Toni (45) warga Desa Terusan, Kecamatan Karang Jaya sangat berterima kasih kepada Porbi, karena saat ini hama babi sudah jauh berkurang. Bahkan, kebunnya sekarang sudah aman dari hama babi.

Baca Juga :   Distanakkan PALI Sayangkan Warga Pengabuan Saling Klaim Kepemilikan Lahan

“Dak pulo was-was igo lagi dengan hama babi. Kareno lah banyak mati dibasmi tim pemburu babi. Kalu selamo ini dak biso balek ke dusun lamo igo, pasti rusak di makan hama babi itu,” bebernya.

Ia pun meminta kepada Porbi untuk tidak bosan membantu masyarakat. “Jangan sekali bae masuk ke daerah kami kalau biso, bulan depan masuk lagi,” pintanya. (snd)





Publisher : Awid Durrohman

Lihat Juga

Selalu Kedepankan Skala Prioritas

Pagaralam, KoranSN Ketua DPRD Kota Pagaralam, Jenni Shandiyah, SE, MH membuka Sidang Rapat Paripurna XII …

error: Content is protected !!