Prajurit TNI Beri Materi Wasbang Kepada Siswa SMA



Satuan Batalyon Infanteri 141/AYJP foto bersama murid SMA Negeri 1 Lawang Kidul Muara Emin usai upacara bendera merah putih dihalaman sekolah. (foto-kodam)

Palembang, KoranSN
Satuan Batalyon Infanteri 141/AYJP memberikan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) kepada 730 siswa-siswi murid SMA Negeri 1 Lawang Kidul Muara Emin di halaman sekolah yang dihadiri oleh para guru dan kepala sekolah, kemarin.

Kegiatan diawali dengan upacara pengibaran Bendera Merah Putih pada pukul 07.00 WIB, selaku Inspektur Upacara, Lettu Inf Muliono dan sebagai Komandan Upacara, Sertu Adi Purnomo dan diikuti oleh seluruh siswa-siswi dan guru SMA Negeri 1 Lawang Kidul.

Usai melaksanakan upacara bendera dilanjutkan pemberian materi PBB di lapangan dan materi ceramah tentang Pancasila serta bahaya Narkoba bagi generasi muda.

Menurut Lettu Inf Muliono, Wasbang khususnya materi Pancasila harus dipahami sejak dini, karena untuk menanamkan ideologi kebangsaan yang kuat dan rasa cinta tanah air serta mengetahui dasar negara indonesia yaitu Pancasila.

Baca Juga :   Wagub Mawardi Resmi Tutup MTQ Terbatas 2020, Palembang Kembali Juara Umum

“Kita memotivasi generasi muda dimulai dari pelajar untuk belajar pengetahuan Pancasila, bagaimana hidup Berbhineka Tunggal Ika dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila,” ujarnya.

Selain itu Lettu Inf Muliono juga menjelaskan tentang bagaimana perjuangan para pejuang  yang sudah memepertahankan keutuhan NKRI dengan mengorbankan jiwa dan raganya, menjaga kekompakan dengan tidak saling membeda-bedakan sehingga terjadi permusuhan, perpecahan diantara kita kemudian musuh dengan gampang merebut Indonesia.

Sedangkan pada materi PBB yang disampaikan oleh Sertu Adi Purnomo, diawali dengan pemberian materi teori secara singkat. Setelah para siswa siswi paham dengan penjelasannya, kemudian langsung mempraktekkan sambil sesekali dibetulkan apabila ada gerakan yang salah.

Materi ini diberikan semata-mata agar para siswa siswi menjadi generasi penerus bangsa yang memiliki karakter, kedisiplinan, sikap, perilaku dan mental yang baik.

Baca Juga :   Lima Pimpinan Tinggi Pratama Kanwil Kemenkumham Sumsel Ikuti Rakor Pengendalian Kinerja

“Kami prajurit Yonif 141/AYJP, selalu siap untuk membantu para siswa yang berada di wilayah Kabupaten Muara Enim. Mengingat pendidikan seperti ini sangat diperlukan, jangan sampai para generasi muda tidak memiliki pribadi yang disiplin,” jelas Purnomo.

Pemberian materi Wasbang tersebut bertujuan untuk mengenal karakteristik kepribadian bangsa Indonesia yang berlandaskan Pancasila dan UUD 1945 serta memberikan nilai-nilai kejuangan nasionalisme kepada generasi muda khususnya siswa siswi SMA Negeri 1 Lawang Kidul.

Sehingga hasil yang diharapkan dari pemberian materi Wasbang tersebut dapat menumbuhkan rasa cinta tanah air lewat bangku pendidikan dengan memiliki disiplin yang baik serta menumbuhkan jiwa nasionalis tertanam pada diri siswa siswi SMA Negeri 1 Lawang Kidul. (ded/rell)







Publisher : Imam Ndn

Lihat Juga

Kanwil Kemenkumham Sumsel Lakukan Sosialisasi Pendaftaran Merek Kolektif

Palembang, KoranSN Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan menyosialisasikan pendaftaran …

error: Content is protected !!