Psikolog UI Sebut “Toxic Parenting” Sebabkan Anak Kurang Percaya Diri





Anak di taman bermain. (Foto/Antara)

Jakarta, KoranSN

Ketua Program Studi Terapan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (UI), Dr. Rose Mini Agoes Salim mengatakan bahwa “toxic parenting” atau pola pengasuhan yang keliru menyebabkan renggangnya hubungan antara anak dengan orangtua, dan menyebabkan anak menjadi tidak percaya diri saat dewasa.

Ia menjelaskan, renggangnya hubungan tersebut disebabkan sikap orangtua yang agresif, menekan, dan seolah paling mengerti atas anaknya. Namun hal itu justru membuat sang buah hati menjadi cemas, takut dan tidak percaya diri karena khawatir akan membuat kesalahan saat melakukan sebuah tindakan.

Baca Juga :   Aceh Bawa Produk Unggulan ke Expo 2020 Dubai

“Toxic parenting itu seperti orangtua yang lebih banyak memberikan tekanan kepada anak agar mau mengikuti apa yang diinginkan atau apa yang dikatakannya. Karena menurut mereka (orangtua) itu yang paling baik menentukan untuk anaknya,” kata Dr. Rose Mini kepada ANTARA di Jakarta, Rabu.

“Jadi sebetulnya kontrol begitu kuat terhadap apa yang dilakukan anak dan orangtua seolah-olah hanya memikirkan yang terbaik dari sisinya, bukan dari sisi anak. Sehingga anak tidak pernah bisa menjadi dirinya sendiri,” ujarnya. HALAMAN SELANJUTNYA>>

Baca Juga :   Masih Merasa Kesepian Usai Bermain Medsos Hal Wajar





Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Weezer Berduet dengan The Adams Nyanyikan “Anak Sekolah”

Badung, KoranSN Band rock asal Amerika Serikat, Weezer, mengejutkan para penggemarnya dengan berduet bersama dua …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!