PT 4 Persen Bakal Sulitkan Partai Baru





Bagindo Togar. (Foto-Dok/KoranSN)

Palembang, KoranSN

Parliamentary threshold (PT) atau ambang batas parlemen yang merupakan batas suara minimal partai politik dalam pemilihan umum untuk ikut dalam penentuan perolehan kursi di DPR pada Pemilu 2019 mendatang diprediksi akan menyulitkan partai baru.

Hal ini dikemukakan oleh Pengamat Politik dan Sosial Sumsel, Bagindo Togar, kemarin.

“Ini akan menyulitkan partai baru untuk bersaing merebut kursi parlemen. Jika tidak tembus maka parpol tidak akan dapat menempatkan kadernya yang terpilih sebagai anggota DPR RI,” kata Bagindo.

Menurut Bagindo, ambang batas yang diberlakukan adalah salah satu cara bagi pemerintah untuk menyederhanakan partai politik, sehingga bagi semua orang tidak mudah mendirikan partai politik.

“Dapat diprediksi tahun-tahun akan datang bisa jadi ambang batas sampai dengan 5 persen hingga 7 persen, karena di dunia, itu yang diberlakukan, ini juga akan menghemat pengeluaran negara maupun daerah, karena parpol dapat bantaun APBN maupun ABPD setiap tahunnya,” kata Bagindo.

Menurut Bagindo, dengan aturan ini menunjukkan bahwa partai politik jangan hanya hadir ketika ada agenda politik, namun dapat bermanfaat untuk masyarkat luas dengan melahirkan kader-kader yang potensial dan dapat memberikan kebaikan dan kemajuan daerah khususnya.

Baca Juga :   MXGP Jadi Agenda Tahunan di Provinsi Sumsel

“Sekarang mereka hadir (kader partai) hanya ada ketika agenda politik saja, misalnya ada pemilukada maupun pileg, ini yang sangat disayangkan, padahal kader parpol banyak dibutuhkan masyarkat,” katanya. (awj)







Publisher : Apriandi

Lihat Juga

Mengakhiri Masa Jabatan Pj Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto Pamitan

Banjarnegara, KoranSN Penjabat (Pj) Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto SH, Rabu (22/5/2024) berpamitan dengan pejabat …

error: Content is protected !!