Home / Gema Sriwijaya / Muaraenim / PT DBU Akan Angkut Batubara Dengan Jalur Kereta Api

PT DBU Akan Angkut Batubara Dengan Jalur Kereta Api

 

batubara

Tingginya potensi cadangan batubara yang akan digali, PT Duta Bara Utama berkomitmen akan melakukan pengangkutan Batubara menggunakan
jalur kereta api.

Hal ini diakui oleh menejemen PT DBU F Ester Kansil didampingi Lucky kepada wartawan, Rabu (27/5). Penggunaan jalur kereta karena daya angkutnya dapat dilakukan dalam jumlah kapasitas yang cukup besar.
“Rencana ini dapat direalisasikan, setelah proyek double track rampung. Kemungkinan pada tahun 2017 mendatang,” ungkap Ester.

Ester menjelaskan, kenapa menggunakan jalur kereta, dikaranakan pihaknya tidak mau menanggung resiko jika pengangkutan hasil produksi batubara menggunakan angkutan truk dan melintas di jalan raya.

Baca Juga :   Ultah ke-51, Wabup Muara Enim Dapat Kejutan

“Seperti yang kita lihat sekarang ini jika menggunakan truk dikhawatirkan target yang di tetapkan tidak tercapai. Terdapat kendala dilapangan, kemacetan, laka lantas hingga peraturan yang tidak jelas,” terang Ester. Ester menyebutkan, potensi cadangan batubara yang akan digali cukup besar diperkirakan mencapai 70-80 juta ton.

“Kalau proyek double track selesai, dan kita telah di izinkan,maka kita akan angkut hasil produksi menggunakan kereta api, sebab kita sudah lakukan MOU dengan PT KAI,” ungkap Ester.
Diakuinya, semua persiapan kegiatan oprasionalnya semua sudah siap, semua izin sudah lengkap, terkecuali izin pinjam pakai jalan dari Pemkab Muara Enim yang saat ini masih dalam proses.
Masih dikatakan Ester, jika izin pinjam jalan dari pemkab Muara Enim telah diterbitkan maka dalam waktu dekat ini pada tahun 2016 mendatang kegiatan oprasional tambang batubara tersebut akan mulai dioprasikan.

Baca Juga :   Muara Enim Terima Piagam WTP

“Untuk kegiatan pengangkutan batubara sementara waktu kemungkinan kita akan menggunakan angkutan truk terlebih dahulu, Dan kita akan melintas menggunakan jalan servo,Tapi itu hanya sementara waktu saja, karena kemungkinan pada tahun 2017 setelah proyek double track ini selesai
kita akan mengangkut hasil produksi kita menggunakan kereta api,” ungkas Ester. (yud)

Publisher : Ferdin Ferdin

Avatar
Pewarta Harian Suara Nusantara, www.koransn.com, Mingguan Suara Negeriku.

Lihat Juga

Pengadaan Barang dan Jasa Harus Transparan

Muara Enim, KoranSN Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH membuka Acara Sosialisasi Perpres Nomor …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.